konstruksi sasis enhanced Smart Architecture Frame

Apakah Klarifikasi Karat Rangka eSAF AHM Menjawab Kegalauan Pemirsa?

Diposting pada

Motomazine.com – Setelah cukup lama menantikan kepastian dari Honda dalam hal ini AHM, per sore tadi akhirnya pemirsa dan rakyat pemakai sepeda motor Honda mendapatkan pencerahan dari pihak AHM melalui video yang dirilis di akun IG welovehonda_id. Video ini seperti membantah bahwa warna ‘kekuningan’ yang muncul pada sambungan las-lasan rangka motor Honda bukanlah karat, melainkan lapisan lain yang mereka sebut sebagai silikat. Nah pertanyaannya sekarang adalah, apakah klarifikasi AHM perihal karat rangka eSAF ini menjawab kegalauan pemirsa semua?

Jawabannya saya serahkan ke pemirsa masing-masing. Karena nyatanya pengejawantahan masing-masing pribadi itu selalu berbeda. Ada yang puas dengan jawaban dari bang Adnoh tadi, tapi saya yakin masih banyak juga yang masih mengambang dan mempertanyakan, klarifikasi macam apa ini?

Saya selaku blogger juga sedikit mempertanyakan esensi dari klarifikasi rangka eSAF yang dibuat Honda tadi. Dalam video tersebut menunjukkan satu unit Honda Vario 160 yang masih gress, ditunjukkan sambungan sasisnya, dan di sana ada bercak semacam karat.

Admin Honda kemudian menyebut warna karat pada rangka eSAF tersebut adalah silikat.

Silikat, dalam ilmu kimia, adalah suatu senyawa yang mengandung satu anion dengan satu atau lebih atom silikon pusat yang dikelilingi oleh ligan elektronegatif. Jenis silikat yang sering ditemukan umumnya terdiri dari silikon dengan oksigen sebagai ligannya. Anion silikat, dengan muatan listrik negatif, harus mendapatkan pasangan kation lain untuk membentuk senyawa bermuatan netral. Silika, atau silikon dioksida, SiO2, sering dianggap sebagai silikat, walaupun senyawa ini tidak bermuatan negatif dan tidak memerlukan ion pasangan. Silika ditemukan di alam dalam bentuk mineral kuarsa. (Wikipedia).

Nah, masih menurut sumber yang sama, silika ini justru berperan sebagai pelindung sambungan cat dari karat. Dalam video tersebut juga dipertontonkan bagaimana noda karat tersebut hilang setelah dilap menggunakan kain basah dan tisu kering. Beda dengan karat yang nempel di besi, yang apabila dilap menggunakan tisu, maka noda karatnya akan ikut terangkat.

Padahal kalau kita melihat video-video viral yang berkeliaran belakangan ini, karat-karat yang muncul pada rangka eSAF Honda ini benar-benar masif, dan bahkan beberapa membuat motornya patah. Lantas, apakah video dari admin welovehonda_id tadi mampu berikan jawaban yang memuaskan?

Buat saya yang juga pengguna sepeda motor Honda rangka eSAF (BeAT 2020) jelas masih akan mencari kebenaran jawaban tersebut. Saya semakin penasaran dengan jerohan sasis Honda BeAT di rumah. Apakah benar warna karat yang muncul itu adalah silika, yang kalau kita tarik pesannya bermakna tidak berbahaya, atau itu memang karat yang bisa mengancam keselamatan sepeda motor dan penggunanya. Silahkan komentarnya pemirsa. (mmz)

Honda BeAT di rumah yang sudah menemani sejak tahun 2020 ganti ban

Artikel terkait:

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini