Jangan Asal, begini Cara Cek Kondisi Busi ala Yamaha STSJ

Diposting pada

Motomazine.com – Layaknya makhluk hidup yang perlu diperhatikan, kondisi motor juga perlu diperhatikan dengan rutin. Salah satunya komponen yang berperan penting pada sepeda motor adalah busi. Komponen inilah yang membantu memberikan percikan api pada pembakaran dalam mesin, sehingga kendaraan dapat berjalan. Apabila busi dalam kondisi yang kotor, dapat mengganggu kinerja mesin pada kendaraan sepeda motor. 

Pak Ilham Wahyudi, selaku General Manager Service & Spare Part PT. Surya Timur Sakti Jatim (Yamaha STSJ) mengungkapkan “Masih banyak pengendara yang belum paham bahwa kondisi busi akan mempengaruhi performa dari kendaraan. Kondisi busi yang sudah tidak prima dapat mengganggu tarikan gas motor, mesin motor susah menyala, bahkan bisa menyebabkan motor berhenti sesaat atau misfire.

Jika pengendara tidak merawat kondisi busi dengan baik, bukan tidak mungkin kondisi dan performa kendaraan jadi terganggu. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan guna menjaga busi tetap dalam kondisi yang prima. Salah satunya dengan melakukan pengecekan di bagian kerak yang ada di kepala busi. Adanya kerak dapat mengganggu kinerja mesin jadi tidak optimal. 

Selanjutnya, hindari membersihkan busi menggunakan amplas.  Sebab, amplas memiliki material yang sama dengan busi yang dimana jika keduanya bergesekan, akan membuat kepala busi jadi terkikis. Pengendara juga bisa mengecek kondisi kerapatan busi ketika melakukan pergantian oli kendaraan. 

Setiap pemakaian 2.000 – 3.000 km pengendara bisa melakukan pengecekan kondisi busi.  Apabila busi dalam kondisi tidak layak, segera ganti dengan busi yang baru. Gunakan Spare Part yang ASLI, agar performa kendaraan tetap terjaga seperti sedia kala. 

Pembelian dapat dilakukan melalui bengkel resmi Yamaha Surya Inti Putra (SIP) terdekat dari tempat pemirsa. Gimana, masih mau membiarkan busi ala kadarnya sampai nanti mati pada akhirnya? (mmz)

 

 

Artikel terkait:

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini