Intip Modifikasi Motor Generasi 90-an, Old sih, Tapi banyak Sisi Asyiknya

Diposting pada 85 views

Motomazine.com – Masbro, melihat postingan yang baru saja tertandai di beranda mmz, mengenai modifikasi otomotif yang melanda generasi ’90-an, saya pun langsung tertarik buat nulis artikel ini. Bukannya apa-apa kangbro, secara umur mmz sudah bukan iyik lagi. Ya walaupun hobinya mainan motor, tapi percayalah, saya pemuda era ’90-an 😂.

Adalah bekakas, sebuah grup FB yang dibangun sebagai wadah mbah-mbah para pecinta barang, eh motor bekas. Di sana seringkali muncul bahasan-bahasan asyik. Tak melulu soal motor, tapi juga berbagai bahan obrolan menarik termasuk juga modifikasi yang sempat melanda pemuda jaman ’90-an.

Dan di artikel kali ini mmz akan coba ngebahas dua tiga poin dari banyak poin bahan modifikasi yang sempat melanda jagad permotoran saat itu.

Aliran ceper

Yang pertama adalah aliran ceper. Entah siapa yang memulainya. Namun aliran ceper ini sempat mewabah, merambah dan bahkan menjangkiti mmz sendiri. Korban saya saat itu adalah seekor Yamaha Force1 lansiran 1995.

Gak mau kalah ceper suspensi depan belakang langsung saya turunkan. Ban juga, langsung ganti sama ban cacing berukuran 2.00-17 depan dan 2.15-17 belakang. Entah apa yang terlintas saat itu, yang pasti eneke cuman seneng thok masbro. Padahal kan bahaya banget. Tak cukup sampai di situ ban belakang dimajuin polll, sampek jembatan arm depan yang semula pipa bulet diganti sama plat rata tebal kurleb 10 mm an. Sayang fotonya sudah amblas sampai ke mana, buat ilustrasi silahkan tengok saja foto di bawah ini.

Aksesoris Posh

Bukan ngiklan, tapi memang merk inilah yang sangat kondang saat itu. Hampir semua generasi ’90-an pasti kena virus aksesoris posh ini. Awalnya sih baut yang seragam warna biru dan merah, kemudian karena makin laris, hampir semua part motor ada versi posh-nya. Mulai dari spion, handgrip, tutup oli, swingarm, velg, manipol karburator, filter, as poros roda, semua ada versi posh nya. Pokoke semakin biru tuh motor semakin gaul wes.

Spion fenomenal

Entah saya bingung mau nyebutnya ini spion model dan merk apa. Namun saat itu, sekitar tahun 2003-an spion model begini jan ngetren banget loh kangbro. Masangnya juga tak kalah fenomenal. Tuh spion diposisikan kayak spion bus. Jadi tangkainya menjulang ke depan, terus turun, nah spionnya ada di bawah stang. Piye kui jal? Bahkan mmz sempat kena razia terus Polisinya nyeletuk gini, “mas, sampean ki nyepionin kendaraan belakang apa manuk?” Hasemb tenan 🤣 Mak jleb rasane… lha masak spion yang saat itu musti mmz beli pakai uang beasiswa dibilang buat nyepionin burung…sekilas emang iya sih, wong posisinya di bawah…wkwkwk..

Last… Sekilas itulah kenangan jaman old masbro. Kenangan mendandani motor dari jerih payah nyisihkan uang jajan, biar bisa tampil nggaya kayak kancanya. Sayang gak banyak foto yang bisa diabadikan saat itu. Wong hp saja masih nokia 3315 yang suaranya, tititit tit tiiit… yang kalau ada ringtone kayak lagu aja senengnya sudah luar biasa…wkwkwk…hasemb, wes ra mudo maneh jebule Kangbro…. semoga berguna… (mmz)

baca juga:


Lebih dekat dengan Motomazine di:

  • e-mail: motomazineblog@gmail.com
  • facebook: motomazine.com
  • twitter: motomazine
  • IG: @motomazineblog
  • Youtube channel: Motomazine
  • WA: 085233819298
  • BB: D8DCFC9A
Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

2 thoughts on “Intip Modifikasi Motor Generasi 90-an, Old sih, Tapi banyak Sisi Asyiknya

Mari berbagi komentar di sini