Ternyata Scoopy Punya Mbah, Rilis Tahun 2001

Diposting pada

MOTOMAZINE.COM –  Honda Scoopy yang sekarang ini lalu lalang di tanah air ternyata punya mbah. Yaps, Scoopy punya mbah dan sudah rilis tahun 2001 silam. Lah kok bisa? Ya bisa sebab Scoopy yang nama lengkapnya Crea Scoopy i ini sudah lebih dulu mengaspal di Jepang.

Honda sudah selangkah lebih maju dengan menghadirkan skutik berbodi mlenuk sejak 2001 silam. Kalau sampean ingat saat itu banyak motor Tiongkok dan Taiwan yang lalu lalang juga di tanah air. Masih memakai mesin 2 tak yang suaranya sangat khas.

Baca juga : Scoopy 150? Mungkinkah?

Back to topic. Honda Jepang telah merisi Scoopy dengan bodi beraroma Vespa tahun 2001 silam. Motor ini dibekali mesin 4-tak 50cc berpendingin cairan yang mampu muntahkan power maksimal sebesar  4,8 dk pada 8000 rpm dan torsi puncak 4,5 Nm pada 7000 rpm.

Bisa sampean perkirakan sendiri tembus berapa topspeednya. Hawong cuman 50cc juga.

Untuk dimensinya, Honda Crea Scoopy i punya panjang 1695 mm lebar 625 mm dan tinggi 1000 mm. Ketinggian jok terbilang ramah untuk orang Asia. Mbahnya Honda Scoopy ini punya tinggi jok 710 mm.

Honda Crea Scoopy i berbekal pengabut bahan bakar karburator dengan total tangki bahan bakar sebanyak 5 liter. Untuk perjalanan dalam kota sudah pas lah.

Untuk desain, Honda Crea Scoopy i memiliki bodi yang mirip Vespa. Lampu depan berada pada front cowl dengan posisi sein di bawah setang. Mirip-mirip lah sama Scoopy tanah air yang rilis tahun 2010 silam.

Untuk bodi belakangnya lebih membulat, wes Vespa banget lah pokoknya. Termasuk stoplamp dan sein yang juga memiliki desain membulat. Yang jadi PR buat boncenger paling jok. Crea Scoopy ini hanya punya jok tunggal.

Baca juga : Modifikasi Honda Genio Pakai Velg Scoopy. Begini Lebih Ajib

So, ternyata Scoopy punya mbah. Sebelum akhirnya AHM merilisnya di Indonesia tahun 2010 silam. Honda Scoopy di tanah air sendiri sudah mengalami tiga kali facelift. Scoopy pertama versi sein nongol, Scoopy kedua versi sein di dek dan dekat stoplamp, kemudian Scoopy terbaru dengan sein nempel di lampu utama dan velg 12 inch. Saat ini Scoopy dijual seharga Rp 19 jutaan OTR jakarta dan tembus 20 jutaan rupiah untuk Jawa Timur. (mmz)

Tinggalkan Komentar di sini