Berapa Tekanan Angin Ban Mobil yang Tepat? Begini Cara Ngeceknya

Diposting pada

Motomazine.com – Ban mobil merupakan salah satu part paling vital. Ban merupakan bagian pertama yang bersentuhan langsung dengan aspal. Untuk itu sangat penting mengetahui kondisi tekanan angin pada ban, termasuk memeriksa kondisinya. Apakah masih layak digunakan atau sudah waktunya ganti. Sebab banyak sekali kejadian kecelakaan mobil disebabkan kurangnya tekanan pada ban. Lantas sebenarnya berapa sih tekanan angin ban mobil yang tepat? Nih mmz kasih bocoran gimana cara mengetahuinya.

Standar tekanan angin pada ban mobil berbeda-beda. Hal ini tergantung antara lain pada luas penampang ban dan velg, lingkar roda, bobot kendaraan serta muatan yang disarankan.

Setiap mobil umumnya punya informasi tekanan angin ban yang pas atau disarankan oleh pabrikan. Bagaimana cara mengetahuinya? Gampang saja. Silahkan cek stiker di samping jok pengemudi, di pilar B sebelah bawah biasanya. Nah di sana sampean akan temukan rekomendasi tekanan angin ban yang disarankan oleh pabrikan.

Kenapa kita lebih memakai rekomendasi pabrikan? Ya, pabrikan punya banyak profesor. Sudah banyak sekali pertimbangan yang merka lakukan untuk semua part yang nemplok pada mobil, termasuk tekanan ban yang paling aman untuk berkendara.

Dalam kondisi normal sekalipun tekanan angin ban dapat berkurang seiring pemakaian. Membiarkan ban kekurangan angin, atau bahkan berlebihan bisa timbulkan potensi bahaya. Yang paling lazim tentu saja ban meletus, sobek pada bagian side wall, kawat ban keluar dari side wall atau benjol.

Dilansir dari Mitsubishi Motors Indonesia tekanan pada ban mobil dianjurkan sama. Apabila menggunakan tekanan sebesar 30 Psi maka dianjurkan roda yang lain juga mengikuti. Menurut mereka tekanan angin ban ini sudah mampu menampung penumpang hingga 5 orang.

Kalau kita ingin mengangkut penumpang yang lebih banyak maka tinggal tambah saja tekanan bannya. Terutama pada ban belakang. Masih menurut sumber yang sama, apabila hendak mengangkut hingga 7 orang penumpang maka tekanan ban yang disarankan adalah 30 Psi untuk depan dan 38 Psi untuk belakang.

Yaps, sepertinya tekanan angin ban sebesar ini diformulasikan untuk kendaraan MPV (7 seater).

Ternyata gampang kan mengetahui tekanan angin ban paling aman pada mobil sampean. Tinggal lihat saja rekomendasi dari pabrikan atau silahkan isi dengan tanpa melebih-lebihkan. Kalau saya pribadi kadang memakai kombinasi 30 Psi untuk ban depan dan 40 Psi untuk ban belakang. Angin yang saya isikan angin nitorgen. Kalau angin biasa paling ban belakang saya isi 35 Psi saja.

Oh ya, tetap cek kondisi kendaraan ya. Meskipun larangan mudik bakal berlaku mulai tanggal 6 sampai 17 Mei 2021 mendatang. Semoga bermanfaat. (mmz)

Artikel terkait:

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

2 thoughts on “Berapa Tekanan Angin Ban Mobil yang Tepat? Begini Cara Ngeceknya

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini