Disarankan, Begini Cara yang Benar Cek Tekanan Angin Ban

Diposting pada

Motomazine.com – Sebagai pengendara motor yang baik, ada baiknya untuk melakukan pengecekan kondisi kendaraan guna terhindar dari kecelakaan sepeda motor. Seperti memeriksa kondisi tekanan angin pada ban kendaraan. Kurangnya tekanan angin pada motor dapat mengganggu kenyamanan dalam berkendara. Maka dari itu, pemeriksaan ini tidak boleh luput dari perhatian para bikers.

“Karena ban merupakan salah satu komponen yang paling penting dalam sepeda motor, maka dari itu pengendara wajib memastikan bahwa kondisi ban dalam keadaan yang baik. Seperti jangan sampe ban dalam kondisi kekurangan angin bahkan sampai dalam kondisi aus. Tentu kita ingin perjalanan lancar dan selamat sampai tujuan,” ungkap Bapak Ilham Wahyudi, General Manager Service & Spare Part PT. Surya Timur Sakti Jatim (Yamaha STSJ).

Bagaimana cara mengukur tekanan angin yang benar?

Menurut Pak Ilham, pengecekan tekanan angin dapat dilakukan dengan menggunakan “Tire Pressure Gauge”. Alat ini dapat membantu pengendara untuk lebih muda mengetahui tekanan udara pada ban kendaraan. Langkah pertama menggunakan cara ini adalah dengan membuka terlebih dahulu pentil ban. Selanjutnya, tekan pentil ban motor menggunakan ujung katup tire pressure. Apabila kondisi jarum pengukur tidak bergerak, hal ini menandakan bahwa tidak ada tekanan angin.

Tekanan udara pada ban juga harus disesuaikan dengan standar penggunaannya sehari-hari. Jadi memang paling benar melakukan pengecekan menggunakan tire pressure gauge karena lebih valid. Apabila rutin melakukan memastikan tekanan ban tidak kurang, usia pakai ban nya jadi lebih panjang,” tambah Pak Ilham. 

Untuk menjaga tekanan angin lebih stabil, para pengendara disarankan untuk mengisi angin dengan Nitrogen karena dianggap memiliki stabilitas yang lebih baik dibandingkan dengan angin biasa. Keunggulan lainnya dari penggunaan Nitrogen adalah membantu membuat kondisi ban lebih awet. 

Setiap jenis motor memiliki standar ukuran tekanan yang ideal. Untuk motor Yamaha Fazzio Hybrid-Connected sendiri tekanan ban yang ideal adalah untuk ban depan 22psi dan ban belakang 33 psi. Periksa kondisi tekanan angin pada kendaraan minimal seminggu sekali. Pastikan pengecekan dilakukan ketika ban dalam kondisi yang dingin. Semoga berguna. (mmz)

Artikel terkait:

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini