Pertolongan Pertama pada Motor Pasca Kehujanan. Penting Masseeeh

Diposting pada

Motomazine.comPenting Masseeeh… Menjaga kesehatan tubuh di musim hujan sama pentingnya dengan menjaga kesehatan motor. Hal ini guna menjaga kondisi motor tetap prima walaupun diserang dengan cuaca yang ekstrem. Usaha ekstra perlu dilakukan untuk menghindari komponen-komponen yang rusak akibat kandungan asam pada hujan.

PT. Surya Timur Sakti Jatim atau Yamaha STSJ selaku main dealer motor Yamaha area Jawa Timur, Kalselteng, Kaltim, NTB, dan NTT menganjurkan seluruh pengguna motor Yamaha untuk memberikan pertolongan pertama pasca motor kehujanan. Hal ini guna menjaga keselamatan berkendara di kemudian hari.

“Air hujan itu mengandung zat asam di dalamnya, sehingga bisa menyebabkan korosi atau karat pada komponen sepeda motor. Oleh karena itu, jika anda menggunakan motor setiap hari, ada baiknya memperhatikan hal-hal tertentu agar komponen motor konsumen tetap terjaga” Ujar Om Ilham Wahyudi selaku GM Service & Sparepart Yamaha STSJ.

Berikut pertolongan pertama yang dapat dilakukan pasca kendaraan terkena hujan:

1.  Mencuci Motor Setelah Hujan

Hal ini bertujuan untuk membersihkan kotoran dan zat asam yang terkandung dalam air hujan. Selain itu, menjaga agar tampilan motor tetap bersih. 

2.  Memeriksa Kondisi Busi

Busi yang basah dapat mengganggu proses pengapian. Oleh karena itu, keringkan busi yang basah menggunakan lap kering.

3.  Bersihkan Kampas Rem

Membersihkan kampas rem bertujuan untuk menjaga performa pengereman, agar tetap pakem atau maksimal. 

4.  Periksa Tekanan Angin Pada Ban

Tekanan angin pada kondisi cuaca panas berbeda dengan cuaca dingin. Pastikan pengendara memperhatikan tekanan angin kendaraannya agar berkendara lebih aman dan nyaman. 

5.  Periksa Kondisi Rantai

Untuk sepeda motor tipe moped dan sport, pastikan memeriksa kondisi rantai dari kendaraannya. 

6.  Periksa saluran pembuangan CVT

Untuk sepeda motor tipe matic buka selang pembuangan air di bagian bawah cover CVT. 

Jika terjadi kendala pada kendaraan, konsumen bisa segera membawa ke bengkel resmi Yamaha Terdekat. Informasi mengenai bengkel resmi dapat menghubungi CS Yamata STSJ di 08228 – 7777- 898. Semoga berguna. (mmz)

Artikel terkait:

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini