[Review] Kencan Singkat bareng si New Honda CB150X

Diposting pada

Motomazine.com – Beberapa hari kemarin motomazine mendapat jatah untuk review harian New Honda CB150X. Motor bertipe touring ini mmz pakai untuk beraktifitas kemanapun itu. Mulai dari kerja, ngopi, gabut, healing, halah, intinya dalam 5 hari belakangan si CB150X warna merah ini menemani saya siang dan malam. Dan berikut mmz kasih review nya buat sampean semua.

Motor ini mmz ambil saat odometer nunjukin angka 201 km. Lupa gak ngefotoin. Intinya segitu lah. Pas saya balikin odometernya sudah nyentuh 302 km. Artinya si CB150X merah sudah saya pakai melenggang ‘ngukur ratan’ sejauh 100 kilometeran. Sudah cukup mewakili untuk review keseharian.

Di artikel kali ini mmz mau ngasih review total mulai ergonomi, handling, performa, rata-rata konsumi bensin, sampai respon netizen terhadap nih motor.

1.Ergonomi

Secara ergonomi sudah jelas motor ini bakal bikin kita jinjit. Under 177cm saya yakin pasti jinjit. Tapi ya beginilah motor touring. Musti tinggi dan baplang. Asal jangan nginjek angin, itu aja.

2. Performa

Honda CB150X mengusung mesin 4-tak 150cc DOHC berpendingin cairan. Mesinnya sendiri sangat identik dengan CBR150R atau CB150R gen 4. Lebih senyap, halus tapi sedikit menggelegar dibanding mesin CB150R versi 2.

Tarikan bawah nonjok, terbukti saat mmz pakai naik ke pegunungan untuk melakukan photo session. Dengan posisi gigi di perseneling 2 nih motor naik dengan entengnya. Jalannya campuran tanah dan batu.

Performa atas mirip-mirip sama CB150R. Saya dapat top speed di angka 125 km/jam on speedo. Posisi tuck in.

3. Handling

Ini yang paling saya suka dari Honda CB150X. Meksi bodinya jangkung dan gede, namun secara handling nih motor jempolan. Beberapa kali coba  merebah di tikungan tetap saja nurut. Gak ada gejala ngebuang atau ngeloyor. daan jujur ini membuat mmz terkejut, jauh melebihi ekspektasi.

Pengereman dengan wavy disk brake nya juga bagus. Suspensi depan model upside down-nya jelas menunjang. Anda benar-benar dibuat PeDe dengan pengereman Honda CB150X. Kalau boleh saya bandingkan, feeling-nya mirip-mirip rem CBR250RR.

Kesimpulan

New Honda CB150X hadir dengan berbagai keunggulan motor sport Honda terutama tipe touring. Saya cukup puas dengan motor ini. Secara look, secara tampilan dan perfroma sudah dapet banget. Sedikit PR paling joknya. Enak sih posisinya, cuman kalau dibikin sedikit lebih empuk tentu akan menambah tingkat kenikmatan. Apalagi peruntukan CB150X kan memang buat riding jarak jauh.

Konsumsi bensin cukup mencengangkan. Dengan pemakaian harian indikator fuel average di speedometer nunjukin angka 41,8 km/liter. Padahal cara riding saya bukannya riding santai penikmat ughtea.

Riding yang saya lakukan benar-benar riding ala motor sport. Kenceng. Dan itulah rerat konsumsi bensin yang saya peroleh. Overall dengan harga Rp33.385.000 (tipe STD) dan Rp33.885.000 (SE) si New Honda CB150X sudah masuk banget buat mitra berkendara jarak jauh sampean semua. Dan mmz pribadi seneng banget sama waran merah hitam ini. Macho banget gitu. (mmz)

Artikel terkait:

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini