Bukan cuma Idamanmu, Motor juga Butuh disayang

Diposting pada

Motomazine.com – Memiliki motor baru merupakan pengalaman yang menyenangkan bagi seseorang. Terlebih jika anda sudah menginginkan motor itu sejak lama. Biasanya, konsumen ingin motor baru terlihat kinclong selama di jalanan. Namun, banyak orang lupa bahwa motor motor baru juga perlu dirawat.

Ilham wahyudi, General Manager Service & Spare Part PT. Surya Timur Sakti Jatim (Yamaha STSJ) menghimbau bagi seluruh konsumen Yamaha untuk tetap merawat dan menjaga motor barunya guna menciptakan performa yang tetap maksimal.

Apapun jenis motor barunya mulai dari matic, sport, hingga bebek tetap harus dirawat supaya awet. Jadi persepsi yang salah kalau motor baru justru dianggap tidak perlu perawatan yang maksimal. Tujuannya pasti untuk mencegah hal-hal yang tidak kita inginkan,” Ujar Ilham. 

 Inilah beberapa tips yang diberikan oleh Ilham, bagi konsumen setia Yamaha agar motor baru kesayangan nya tetap prima : 

Panaskan Motor Sebelum Dipakai

Memanaskan motor merupakan hal sederhana yang kadang diabaikan oleh pengendara. Tidak perlu lama memanaskan motor, cukup 2-5 menit di pagi hari sebelum motor digunakan untuk beraktivitas. Biarkan mesin melakukan persiapan terlebih dahulu. Kebiasaan inilah yang akan membuat mesin dapat bertahan lebih lama. 

Gunakan Bahan Bakar yang Berkualitas

Pemilihan bahan bakar menjadi hal yang berpengaruh besar terhadap keawetan dan performa mesin. Terlebih motor keluaran Yamaha sudah menerapkan sistem injeksi dan hemat bahan bakar. Sehingga untuk membuat sistem ini bekerja dengan baik, gunakan bahan bakar beroktan diatas 90. Hal ini guna menciptakan pembakaran yang sempurna dan tidak menyisakan kerak. 

Rutin Bersihkan Motor

Rutin mencuci maupun mengelap motor juga berguna untuk menjaga tampilan motor. Bersihkan menggunakan shampo khusus motor karena tidak akan merusak body motor. Untuk bagian roda bisa dibersihkan menggunakan sikat agar lebih detail dalam membersihkan. Setelah dicuci, pastikan untuk mengelap motor agar tidak menyisakan bercak di body motor. 

Hindari Parkir Di Ruang Terbuka

Bukan berarti motor tidak boleh digunakan saat siang hari, namun hindari parkir terbuka. Sebab, sinar UV dapat membuat body motor pudar secara cepat. Selain itu, paparan sinar matahari juga bisa menyebabkan garis pada speedometer. Pastikan untuk memilih tempat yang tertutup untuk menjaga kondisi kendaraan anda. 

Hindari Membawa Barang Berlebihan

Beban yang berat akan membuat motor bekerja lebih keras. Alhasil mesin dituntut untuk bekerja secara berlebih untuk menghasilkan tenaga diluar batas. Jika anda terpaksa harus mengakut beban secara berlebih, hindari perjalanan yang jauh. 

Konsumen yang membeli motor baru Yamaha juga akan mendapatkan fasilitas service gratis di bengkel resmi Yamaha. Jasa service gratis ini dapat dinikmati selama 4 kali sesuai tanggal ditetapkan dalam kartu panduan KSG. Sehingga motor baru anda akan tetap dalam kondisi yang prima. Semoga berguna. (mmz)

Artikel terkait:

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini