Kawasaki Resmi Rilis Ninja ZX-4RR. Pakai Cakram Depan Dobel dan Speedo TFT

Diposting pada

Motomazine.com – Kawasaki Amerika baru saja merilis produk terbarunya bertitel Ninja ZX-4RR. Dari namanya sampean semua pasti sudah tahu ini motor sport mengusung kubikasi berapa cc. Termasuk dari bodi yang terungkap sudah jelas kakak dari ZX-25RR ini menggendong mesin 4-tak DOHC 4 silinder, terlihat dari leher knalpotnya yang jejer empat. Hmmm… Para pakar ekonomi Indonesia tersenyum melihat ini.

Yaps, secara desain bodi Kawasaki ZX-4RR mengusung desain yang sama plek dengan ZX-25RR. Yang membedakan kemudian adalah perawakannya yang sedikit lebibh bongsor ditambah kaki-kaki yang lebih gagah. Ninja ZX-4RR menggunakan suspensi depan Upside Down dengan cakram dobel dan ban yang berukuran setingkat lebih gede dari ZX-25RR. Dari sini saja sudah kelihatan, meski bersanding, si ZX-4RR bakal punya bodi yang sedikit lebih gembrot.

Kabar kemunculan ZX-4RR sebenarnya sudah lama sekali tercium oleh awak media. Apalagi blogger-blogger Indonesia seperti hamba, yowes pasti langsung gercep. Dan bocoran yang selama ini muncul ke permukaan bisa dibilang sangatlah akurat. Kawasaki Ninja ZX-4RR mengusung mesin berkubikasi 399 cc dengan perbandingan bore x stroke nya menyentuh 57.0 x 39.1. Dengan perbandingan kompresi 12.3:1 motor ini mampu muntahkan power maksimal hingga 77 PS (kondisi standard) dan 80 PS kondisi air ram diberikan tekanan.

Untuk memaksimalkan pengereman, Kawasaki Ninja ZX-4RR dibekali rem cakram depan dobel dengan diameter Disk 290 mm kaliper empat piston di masing masing cakram yang di-mounting secara radial di Suspensi depan Upside down SFF-BP dari Showa. Untuk Suspensi belakang hadir tipe Link Monoshock BFRC lite gas produk Showa juga.

Pada sisi elektronik Ninja ZX-4RR ini hadir dengan mode berkendara terintegrasi yang menghubungkan KTRC (Kawasaki Traction Control) dan Power Mode. Dari empat mode yang berbeda: Sport, Road, Rain, dan Rider (Manual), pengendara dapat dengan mudah memilih pengaturan yang sesuai dengan kondisi berkendara dan gaya berkendaranya sendiri. Juga dipasang pada Ninja ZX-4R SE dan Ninja ZX-4RR adalah KQS (Kawasaki Quick Shifter) dua arah yang memungkinkan pemindahan gigi ke atas/bawah tanpa kopling.

Untuk sasisnya, Kawasaki ZX-4RR memakai sasis mirip ZX-25RR dengan model teralis melengkung panjang yang diklaim mampu berikan pemusatan bobot yang baik. Hal ini penting untuk menjaga ZX-4RR tetap stabil dan lincah dipakai berkomuter di jalan raya maupun saat track day di sirkuit. Ban depan 120/70-17 dan belakang 160/60-17 juga berikan sumbangsih besar untuk kestabilan berkendara ZX-4RR ini.

So… Muantab wes! Tinggal nunggu masuk ke Indonesia. Semoga segera jadi pakar ekonomi, terus beli. Mending kan daripada ZX-6R yang masih cukup tinggi harganya. (mmz)

Spesifikasi Kawasaki Ninja ZX-4RR

Engine 4-stroke, In-Line Four, DOHC, 16-valve, liquid-cooled
Displacement 399cc
Bore x Stroke 57.0 x 39.1mm
Compression Ratio 12.3:1
Fuel System DFI® w/ 34mm throttle valves (4)
Ignition Digital
Transmission 6-speed, manual, return shift
Final Drive Chain
Electronic Rider Aids Kawasaki TRaction Control (KTRC) (3-mode), Kawasaki Quick Shifter (KQS) (dual direction)

Front Suspension / Wheel Travel 37mm inverted fork with SFF-BP internals and spring preload adjustability/4.7 in.
Rear Suspension / Wheel Travel Horizontal Back-link, BFRC lite gas charged shock w/ piggyback reservoir, adjustable compression, rebound and spring preload/4.9 in.
Front Tire 120/70 – 17
Rear Tire 160/60 – 17
Front Brakes Dual 290mm discs, ABS
Rear Brakes Single 220mm disc, ABS

Frame Type Trellis, high-tensile steel
Rake/Trail 23.5°/3.8 in.
Overall Length 78.4 in.
Overall Width 30.1 in.
Overall Height 43.7 in.
Ground Clearance 5.3 in.
Seat Height 31.5 in.
Curb Weight 414.5 lb*
Fuel Capacity 4.0 gal.
Wheelbase 54.3 in.
Special Features 4.3″ Full-Color TFT Instrumentation, Smartphone Connectivity using RIDEOLOGY THE APP
Color Choices Lime Green/Ebony

Artikel terkait: 

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini