DIY: Efek Pasang Cyclone di Isuzu Panther

Diposting pada 1.295 views

MOTOMAZINE.COM – Masbro, ngikut ke dalam sebuah komunitas selain mendatangkan banyak teman dan pengetahuan, ternyata acapkali juga mendatangkan racun. Tapi tenang, racun di sini biasanya bersifat positif, serta bertujuan untuk menjadikan performa tunggangan jadi lebih apik lagi. Dan racun terbaru nih, yang diciptakan oleh mbah Desy Irawanto adalah cyclone atau yang disebutnya sebagai srikelon. Bisa ae si mbah cari istilah. Dan di artikel kali ini, mmz akan membagikan efek yang terasa setelah pasang cyclone di saluran intake Isuzu Panther.

Cyclone ala-ala yang saya buat berasal dari pelat bekas nopol sepeda motor. Bikinnya secara DIY. Alasan memilih bahan ini adalah karena pelat nopol motor itu asalnya dari aluminium, jadi lebih tahan karat dan kuat. Kuat di sini adalah kuat menahan sedotan, uunchh.. angin yang masuk ke lubang mesin.

Cara membuatnya sangatlah mudah. Buat sampean yang nyemplak Panther 2.3 sampeyan tinggal bikin cyclone ala-ala ini dengan pelat sepanjang 18 cm dan lebar 6 cm. Setelah itu gambarlah pola di atasnya. Polanya silahkan lihat di bawah ini atau bebas tergantung kreasi anda.

Setelah terbentuk pola seperti itu silahkan bentuk pelat tadi menjadi lingkaran, mirip gelas. Potongan-potongan sirip tadi silahkan dibentuk menyerupai baling-baling mengarah ke kiri. Agar pusaran angin yang masuk memutar ke arah kiri.

Posisi penempatan cyclone silahkan pasang di lubang intake filer. Dan setelah terpasang, monggo silahkan jajal sendiri perbedaannya.

Efek pertama pasang cyclone di Isuzu Panther yang saya rasakan adalah tarikan dan tenaga yang dihasilkan pada gigi 3, 4, dan 5 berasa lebih ngisi dari biasanya. Kalau boleh dibandingkan tendangan pada posisi gigi tersebut akan setingkat di bawahnya. Artinya kalau masuk gigi 3 tarikannya akan berasa seperti gigi 2 dan begitu seterusnya.

Efek kedua setelah pasang cyclone di Panther ini suara jadi sedikit lebih halus. Injek pedal gas sedikit saja juga udah berasa ngisi tenaganya. Gak seperti biasanya yang musti injek gas dalam-dalam buat dapet tenaga terbaik.

Efek ketiga setelah pasang cyclone di Panther ini adalah suara mesin yang langsung hilang setelah lepas pedal gas. Gampangnya kalau di motor udah kaya mesin garapan gitu. Injek, lepas, hilang.. Mantab lah pokoknya.

Sejauh ini baru itu efek yang saya dapatkan setelah memasang #srikelon di lubang intake Isuzu Panther. Intinya setelah memasang cyclone ini tenaga akan terasa lebih ngisi. Bukan sugesti, tapi memang begitu lah adanya. Lha wong saya langsung bikin perbandingan saat pakai cyclone dan tidak. Emang sih cuman pakai feeling tungkak tanpa Dynotest. Tapi itu juga sudah cukup.

So, mau nyoba pasang cyclone di Isuzu Panther juga? Monggo silahkan dan rasakan sensasinya. Semoga berguna… (mmz)

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

2 thoughts on “DIY: Efek Pasang Cyclone di Isuzu Panther

Mari berbagi komentar di sini