PATA Yamaha WSBK 2019. R1 Makin Mendekati M1

Diposting pada 135 views
yamaha r1 wsbk 2019 motomazine.com

MOTOMAZINE.COM – Masbro, jelang sesi peluncuran resminya, tim PATA Yamaha WSBK sudah terlebih dahulu memamerkan skuad perang mereka. Yamaha pamerkan YZF-R1 2019 calon tunggangan Michael Van der Mark dan Alex Lowes. Menariknya nih, R1 besutan 2019 nanti akan makin dekat sama M1, motor prototype MotoGP.

Entahlah, kalau mau diamati sepertinya lagi-lagi Ducati bikin ulah. Sejak pabrikan Borgo Panigale ini membawa Panigale V4R sepertinya pabrikan-pabrikan lain juga berlomba-lomba membawa detail teknologi yang diturunkan dari MotoGP.

Iya, Ducati lah yang pertama mencetuskan hal ini. Panigale V4R merupakan motor Ducati WSBK yang teknologinya banyak ngambil dari Desmosedici GP. Termasuk winglet yang terpasang sejak V4R lahir.

Jadi wajar kalau akhirnya Yamaha juga ambil langkah yang sama. Setidaknya kini PATA Yamaha WSBK akan lebih memilih piranti elektronikanya Magneti Marelli. Perangkat elektronik/ECU yang juga dipakai Yamaha MotoGP di YZR-M1.

Alasannya cukup logis sih. YZF-R1 dan YZR-M1 bisa dikatakan cukup identik. Keduanya dibekali mesin inline 4 silnder dengan anti-rotating clockwise crankshaft.. Halah, panganan opo iki? wkwkwk.. wes intine gitu Cak. Putaran crankshaft yang terbalik ini nyatanya mampu membuat M1 jadi lebih enak diajak rebahan dan pecicilan di lintasan. Dan untuk handling, sasis dan swingarm (ala-ala M1) nyatanya membuat handling R1 juga jadi lebih rigid.

Tak sampai di situ, YZF-R1 PATA WSBK 2019 juga pakai perangkat clutch/kopling dari Suter. Yoi, sepertinya kali ini Yamaha pengen bener-bener total merebut gelar juara dunia WSBK 2019. Tak dapat dipungkiri, prestasi van Der Mark dan Lowes di 2018 terlihat makin membaik di akhir-akhir 2018.

Ditambah lagi dengan masih berjayanya Jonathan Rea bareng Kawasaki ZX-10RR tunggangannya. Tentu ini menjadikan pelecut semangat bagi tim dan pabrikan-pabrikan lain untuk mengalahkan dominasi Rea plus Kawasaki.

So kita tunggu saja bagaimana kiprah PATA Yamaha WSBK musim 2019 ini. Mampukah Blue team yang mendapat tambahan sponsor Rizla+ ini semakin kompetiti di 2019? Sekompetitif slogan asli Indonesia yang Semakin di Depan.

Oh ya menarik juga menunggu Honda yang akan mendapat pasokan penuh dari HRC. Yang tentu saja membuat gelaran WSBK 2019 bakal lebih ramai. Kita tunggu saja… Semoga ada stasiun TV lokal yang nyiarin dan semoga berguna… (mmz)

Silahkan Komentarnya Kangbro