avanza veloz 2019 motomazine

Avanza si Sejuta Umat Kembali Dominasi Penjualan Tahun 2021

Diposting pada

Motomazine.com – Si MPV sejuta umat Toyota Avanza kembali menjadi produk terlaris selama tahun 2021. Sempat kalah dengan Xpander dan Honda Brio kini Avanza kembali torehkan angka puncak dalam penjualannya. Hadirnya All New Avanza sepertinya juga berikan pengaruh sehingga konsumen berbondong-bondong memboyong si sejuta umat ini ke rumah. Yaps, kabar beralihnya penggerak belakang (RWD) ke penggerak roda depan (FWD) mampu menyita perhatian para konsumen setia Toyota.

Selama 10 bulan tahun 2021 ini Toyota Avanza bukukan penjualan sebanyak 47.972 unit. Data yang diambil dari Gaikindo dan disadur oleh Detik ini menunjukkan gap angka penjualan yang lumayan dengan pesaing terdekatnya, Xpander.

Mitsubishi Xpander yang juga mendapat sentuhan facelift bulan November kemarin catatkan penjualan sebanyak 42.839 unit. Di posisi tiga menyusul Suzuki Carry dengan penjualan sebanyak 42.392 unit. Model terbaru Carry sepertinya mampu menyita perhatian konsumen.

mitsubishi expander
mitsubishi Xpander

Menyusul kemudian si SUV Toyota Rush dengan penjualan sebanyak 41.992 unit. Angka ini disusul oleh medium MPV Toyota, Innova series. Mobil keluarga yang sangat digandrungi ini membubuhkan penjualan sebanyak 37.537 unit hingga bulan Oktober lalu.

Setelah Innova hadir juga Honda Brio. Kolaborasi Brio Satya dan Brio RS hasilkan penjualan sebanyak 36.883 unit. Angka ini ditempel oleh Grandmax dengan total penjualan mencapai 34.108 unit.

Terbukti mobil-mobil niaga masih sangat diminati. Menyusul Grandmax hadir pula Daihatsu Sigra dengan angka penjualan sebanyak 33.246 unit. Hadir juga Toyota Calya dengan penjualan sebanyak 29.573 unit dan si ladder frame kondang Mistsubishi L300 dengan penjualan sebanyak 22.025 unit.

Itulah daftar 10 mobil terlaris bulan Januari sampai Oktober 2021. Avanza terbukti mampu mengambil hati konsumennya lagi. Sebab sebelum All New Avanza rilis pihak Toyota cukup getol berikan diferensiasi produk. Sebut saja Avanza GR Limited  yang nyatanya berbodi cukup menawan.

Yang jadi pertanyaan saya kemudian adalah ini data penjualan Xenia kenapa amblas dari 10 besar? Apakah memang Xenia keluar dari 10 besar mobil terlaris periode Januari-Oktober 2021? (mmz)

Artikel terkait:

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini