Tentang Tekanan Ban yang disarankan Saat Hujan

Diposting pada 45 views

Motomazine.com – Tekanan ban yang disarankan saat hujan penting untuk keamanan dan kenyamanan selama berkendara. Dalam mengendarai sepeda motor di bawah guyuran hujan memperhatikan tekanan ban adalah hal mutlak yang harus anda ingat. Selain juga kembangan atau batikan ban itu sendiri. Masih layak atau tidak jika dipakai melibas jalanan yang tergenang air.

Yap, musim hujan memang menjadi berkah bagi kehidupan di muka bumi. Namun di balik itu, bagi biker terutama, hujan acapkali menimbulkan sensasi tersendiri. Kayak ada merinding-merindingnya gitu. Apalagi buat mmz, pernah glangsar gegara hujan. Beughh… Rasanya jan bikin hati gak karuan tiap dihadapkan pada kondisi hujan.

Oleh sebab itu tekanan ban seyogyanya diatur sebaik mungkin. Tekanan ban dalam kondisi normal biasanya 29 psi depan dan 33 psi belakang. Nah, dalam kondisi hujan sebaiknya tekanan ban diturunkan 2 psi masing-masing depan dan belakang. Hal ini bertujuan agar ban punya traksi lebih bagus ke permukaan aspal. Yang seneng ngetrail udah pasti paham banget masalah beginian.

Perihal tentang tekanan ban di saat hujan ini juga mmz tanyakan langsung ke Pak Budi, Head Advisor Service PT. MPM Reyog Ponorogo. Dan beliau membenarkan. “Tekanan ban di kondisi hujan sebaiknya diturunkan Mas. Umumnya sih turun 2 psi depan dan belakang. Jadi tekanan ban depan yang normalnya 29 psi diturunkan jadi 27 psi, sedangkan ban belakang yang seharusnya 33 psi bisa diturunkan menjadi 31 psi.” ujarnya.

So, mari berkendara aman dalam kondisi hujan. Periksa keausan ban motor sampeyan. Usahakan tekanan angin ban tidak terlalu tinggi, dan selalu fokus dalam berkendara. Gak usah ngebut-ngebut. Maksimal 50 km/jam saja. Sebab pengereman di aspal basah butuh skill lebih. Saya jadi kembali teringat pernah ditabrak pemuda herek 7 tahun silam,  dan melihat dengan jelas di depan saya seorang pengendara motor bebek jumpalitan di Singosari Malang akibat overbrake dan ban depan kehilangan traksi, dua tahun silam. Semuanya terjadi di bawah guyuran hujan Semoga berguna… (mmz)


Silahkan berbagi dengan motomazine di:

  • e-mail: motomazineblog@gmail.com
  • facebook: motomazine.com
  • twitter: motomazine
  • IG: @motomazineblog
  • Youtube channel: Motomazine
Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

6 thoughts on “Tentang Tekanan Ban yang disarankan Saat Hujan

    1. Saya pernah baca pabrikab ban juga menyarankan untuk kurangi tekanan ban saat hujan. Dan ingat ini hanya saran. Toh kalau ban sudah di bawah 29 psi artinya gak perlu dikurangi lagi. Kalau boncengan mah selama ban kagak gliyut biasanya rider gak akan repot-repot buat nambahin tekanan ban

Mari berbagi komentar di sini