Di Tangan Saya Konsumsi BBM Suzuki NEX II dapat Segini. Hmmm….

Diposting pada 193 views

Motomazine.com – Masbro, ngetest sepeda motor keluaran terbaru rasanya kurang lengkap jika tak menyertakan uji irit si kuda besi. Termasuk juga terhadap Suzuki NEX II yang sedang mmz bawa sekarang ini. Yup, motor skutik terbaru keluaran Suzuki yang dipercayakan dealer SMG Ponorogo itu sudah saya bawa ke sana kemari untuk mengetahui seberapa doyan dia nyedot bahan bakar.

Metode yang mmz pakai adalah ‘how far you can go with 1 litre petrol’. Yoi kangbro, tak seperti uji keiritan yang biasa mmz lakukan dengan metode full to full, kali ini saya mencoba melakukan sesuatu yang beda. Buat melihat keabsahan datanya sepertinya ini bagus.

Odometer 1

Seperti yang sudah mmz jelaskan di artikel sebelumnya, silahkan baca di sini, saya sudah mencoba iki kangbro, membawa, eh nunggangin tuh NEX II sampai bensinnya benar-benar habis. Yap,sampai mesin bener-bener mati. Ingat, jangan keseringan pakai metode ini. Kasihan juga motornya. Lha kalau saya kan emang nguji keiritan. Toh juga gak terus-terusan saya bikin begitu..wkwkwk…ngeles…

Jenis bbm yang mmz pakai Pertamax Ron 92. Beli di SPBU dengan harga Rp 9.500,-. Iyes, pas satu liter dapatnya. Struknya ada di bawah ini.

Saat uji irit Suzuki NEX II saya memang sengaja membawa bensin pertamax tersebut di dalam botol. Yoi kangbro, metodenya kan emang empty to empty, jadi ya kudu siap bensin habis dimanapun. Lha kalau sampeyan gak bawa persediaan bensin? Dan matinya motor kebetulan gak di samping penjual bensin? Lha bisa runyam…

Baca juga:

Skip, langsung isikan bensin dari botol ke motor dengan sangat hati-hati, biar gak tumpah se’crit’ pun, motor langsung mmz geber kembali. FYI nih gaess.. 🤣 Meski Suzuki NEX II benar-benar mati karena kehabisan bensin, tuh motor bisa langsung distarter dan nyala begitu bensin diisikan. Hayo…penak toh?

Kilometer demi kilometer ditempuh sama NEX II. Tangan demi tangan bergantian menjamah si imut Suzuki ini, halah. Maksutnya temen sekantor, yang ikut nyoba sejauh 10 kilometeran, ditambah istri juga yang ikutan nyoba sejauh 3 kilometeran, ditambah saya sendiri yang tembus berpuluh-puluh kilometer.

Emang berapa kilometer sih Cak tuh NEX II bisa jalan dengan seliter Pertamax? Dan jawabannya adalah, 46 kilometer masbro.

Yoi, di penghabisan bensin kedua, dengan sangat beruntung, ternyata motor endut-endutan dan bener-bener matinya di SPBU barat rumah. Sayangnya mmz gak sempet videoin, tapi yakinlah sumpah, ane beneran. Tanya sama si kecil yang saya bonceng kalau gak percaya..wkwkwk… wes pokoke intinya kebetulan pas SPBU.

Odometer 2

Kesimpulan

Hasil uji irit Suzuki NEX II dengan satu liter bensin jenis Pertamax Ron 92 metode ‘empty to empty’ didapati jarak 46 kilometer yakni 858,6-812,4 kilometer atau pasnya = 46,2 km/liter. Valentino Rossi Kang…halah, ki kebetulan maneh.

Sikon saat Suzuki NEX II digunakan adalah seringnya siang, jarak dekat, juga dengan tiga tangan berbeda, yakni saya, teman dan istri. Teman yang meminjam posisi berboncengan di kala terik siang dengan metode untir gas yang saya bener-bener gak tahu..haha..

So, dengan sikon seperti itu, dan 1 liter pertamax tembus 46 kilometer, rasanya nih Suzuki NEX II memang irit. Dan saya yakin, kalau nih motor dipakai untuk luar kota, pasti hasil konsumsi bbm nya bakal lebih irit. Estimasi bisa di angka 54-an kilometer. Semoga berguna… (mmz)


Lebih dekat dengan Motomazine di:

  • e-mail: motomazineblog@gmail.com
  • facebook: motomazine.com
  • twitter: motomazine
  • IG: @motomazineblog
  • Youtube channel: Motomazine
  • WA: 085233819298
  • BB: D8DCFC9A
Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

2 thoughts on “Di Tangan Saya Konsumsi BBM Suzuki NEX II dapat Segini. Hmmm….

  1. Sekedar sharing bukan bermaksud membanding2kan, dulu pernah bawa Vega R 2006, Malang – Jember 220km, bensin terpakai setengah tangki. Jadi kira2 100km per liter.

    Tapi sepanjang perjalanan hujan, jadi kecepatan cuma 50an kpj maksimal..

Silahkan Berkomentar di bawah sini