Riding Jarak Jauh bareng SABRI, Berikut 5 Hal yang jadi Konsen MMZ

Diposting pada 93 views

MOTOMAZINE.COM – Kangbro, hari Sabtu kemarin mmz baru saja bertandang ke kota Malang untuk menghadiri sebuah event, launching mobil besutan terbaru. Seperti biasanya,  karena harus menyambangi beberapa saudara yang ada di sana, saya putuskan untuk nunggang SABRI saja. Honda CB150R yang terus setia menemani. Nah, di sini mmz hendak sharing sama sampeyan semua Kangbro, 5 hal yang hars diperhatikan saat riding jarak jauh.

Memangnya apa saja sih yang perlu diperhatikan saat hendak riding jarak jauh?

1.Surat-surat kendaraan

Persiapan pertama yang harus dilakukan adalah mempersiapkan surat-surat kendaraan. Yang paling penting adalah Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan surat Surat Izin Mengemudi (SIM). Surat-surat ini sangat penting karena menjadi syarat wajib sepeda motor sampeyan layak jalan di jalan raya.

2.Kondisi Motor

Hal kedua yang harus diperhatikan selanjutnya adalah sepeda motor itu sendiri Kangbro. Buat SABRI yang bergenre sport maka yang paling penting dicek adalah tekanan ban, oli mesin, kekencangan kopling, juga kekencangan rantai.

Jangan lupa cek juga lampu utama, sein, dan stoplamp. Pastikan semua bekerja optimal. Atau kalau motor sampeyan dilengkapi lampu hazard, bolehlah dicek kondisinya.

Oh ya, tak lupa pasang spion , plat nomor dan spatbor. Hal ini penting mengingat sampeyan akan menjelajah ke kota lain, yang artinya kita tak pernah tahu kapan dan dimana ada razia lalu lintas. Akan sangat tak menyenangkan jika perjalanan terganggu karena musti berurusan dengan pihak berwajib akibat tilang.

3.Jaga Kesehatan tubuh

Sebelum melakukan perjalanan jauh hendaknya siapkan dulu kondisi fisik sampeyan. Usahakan tubuh super fit saat kita riding luar kota. Hal ini penting agar kita selalu focus Kangbro. Tetap refleks dan bisa berpikir jernih di segala situasi dan kondisi.

Cara mempersiapkan kondisi fisik sangat sederhana sebenarnya. Hanya dengan cukup tidur.

4.Pahami Rute perjalanan

Riding jarak jauh adalah kegiatan berkendara sepeda motor yang butuh fokus dan ketelitian. Dengan memahami rute yang hendak dilewati, sampeyan akan bisa focus untuk menuju ke jalan yang hendak dilewati. Jadi bawaannya ki manteb Kangbro. Bukannya ragu-ragu, antara iya atau tidak, lewat sini apa bukan. Yakin, itu akan sangat mengganggu konsentrasi.

5.Perlengkapan penunjang

Hal selanjutnya yang musti disiapkan adalah melengkapi diri dan sepeda motor dengan perlengkapan penunjang.  Perlengkapan penunjang di sini bisa saja toolkit, jas hujan (karena cuacanya hujan), serta riding gear.

Kalau yang mmz persiapkan kemarin sih jas hujan. Sama jangan eman untuk membekali diri dengan helm (usahakan full face), jaket, celana jeans (tebal), sepatu, dan gloves (sarung tangan). Diutamakan lagi kalau pakai knee dan elbow protector biar lebih aman dan nyaman.

So, itulah 5 hal yang perlu diperhatikan dan dipersiapkan sebelum melakukan perjalanan jauh Kangbro. Kalau saya sih itu… 5 hal itu selalu diusahakan ada dan tersedia.

Kesannya ki beda Kangbro… Berasa lebih aman dan nyaman. Efeknya, pikiran akan makin fokus dan tenang. Dan itu penting! Semoga berguna… (mmz)

2 thoughts on “Riding Jarak Jauh bareng SABRI, Berikut 5 Hal yang jadi Konsen MMZ

  1. Ada istilah yg mudah buat cek kendaraan, sam. Yaitu BALOK. B = Ban, A = air (radiator, kalau ada), L = listrik (kelistrikan, lampu2), O = oli, K = kertas2 /surat2.

    Semoga berguna.

Silahkan Komentarnya Kangbro