Touring nunggang nmax

Tips Tubuh tetap Fit saat Touring Bulan Ramadhan ala Yamaha Jatim

Diposting pada

Motomazine.com – Bulan Ramadhan yang penuh berkah ini tak bisa dijadikan alasan untuk malas-malasan karena berpuasa. Justru sembari menahan berbagai hal yang dapat membatalkan puasa kita dituntut tetap aktif guna menyempurnakan ibadah kita. Jadi istilahnya rohani beribadah, jasmanipun tak mau ketinggalan. Menanggapi berbagai ragam aktivitas, seperti perjalanan touring di bulan suci Ramadhan, memang tak bisa dihindari. Terlepas dari soal niat ibadah puasa, secara fisik dan endurance, kondisi seperti ini memang menjadi tantangan.

Nah untuk urusan yang satu ini, General Manager Service PT. Surya Timur Sakti Jatim atau Yamaha Jatim, Bapak Ilham Wahyudi sebagai salah satu biker yang aktif touring memiliki tips agar stamina tetap terjaga meski tengah menjalankan ibadah puasa.

“Khusus buat bikers yang akan melangsungkan touring, dengan kondisi berpuasa. Nih ada resep spesial, untuk menjaga fisik agar tetap prima saat riding” katanya. 

Baca juga:

Tips Riding saat Puasa ala YRA

Ada perilaku dan adaptasi pola makan yang mesti dirubah. Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi, protein dan karbohidrat, di saat bulan puasa.

Pertama, jangan diforsir atau berharap besar dari kandungan menu makanan, yang dikonsumsi saat sahur maupun berbuka saja.

Luangkan 4 jam usai berbuka puasa, mampir ke depot atau kaki lima penjual sate kambing muda atau yang biasa disebut sate cempe.  Dan konsumsi 10 tusuk sampai 20 tusuk cukup, setiap 2 hari sekali.

Resep ini, sejatinya yang dipakai atlet BMX salah satu mentor si penulis, ketika masih rajin bersepeda segmen cross country. Dan memang terbukti, mampu menjaga sisi endurance tubuh lebih baik, disaat titik lelah mulai datang.

Artinya, kalau 4 jam usai berbuka harus makan sate kambing muda, maka saat berbuka puasa, jangan sampai dibuat kenyang lebih dulu, tahan dan sabar.

Disisi lain, untuk memenuhi kebutuhan nutrisi, selama puasa. Konsumsi tambahan adalah juice tanpa gula dan es batu, yang bisa di request langsung ke penjual atau membuatnya sendiri.

Selebihnya pastikan air mineral berkapasitas 2 liter, rutin terkonsumsi. Artinya, butuh pengaturan jeda dan durasi waktu yang tepat, untuk mengkonsumsinya.  Dan saat makan sahur, menu makanan regular selain nasi, pastikan ada sayur, telur, ikan laut, yang mudah untuk dicerna, agar tidak mudah mengantuk, apabila dituntut untuk riding berangkat pagi hari.

Sebagai pelengkapnya, konsumsi pisang. Mengingat, cukup banyak kandungan air, kalori, protein, serat, karbohidrat, gula, kalsium, magnesium dan kalium di dalamnya. Dan suplemen vitamin, bisa mengkonsumsi vitamin C, vitamin B kompleks dan vitamin E.

Lebih lanjut Pak Ilham Wahyudi mengatakan, “Berdasarkan  pengalaman memang fisik dan stamina terjaga lebih segar, di tengah padatnya aktivitas.”

Baca juga:

Riding Position Yamaha NMAX Senyaman Selonjoran di Rumah. Lah?

Nah, itulah tips menjaga kondisi badan tetap fit meski tengah berpuasa dan sampean dituntut tetap melakukan perjalanan jauh atau touring. Cukup simpel sih tipsnya. Yang penting atur pola makan, nutrisi dan vitamin. Yang paling penting adalah menjaga asupan air agar tetap mampu memenuhi kebutuhan tubuh yakni 2 liter per hari. terus semangat puasanya dan jangan kasih kendor! (mmz)

Artikel terkait:

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

1 komentar

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini