Beda Pertalite vs Pertamax yang Ngaruh banget ke Honda BeAT

Diposting pada

Motomazine.com – Pagi berbagi, bukan takjil atau infaq, tapi sharing pengalaman. Mungkin hal berikut terjadi juga pada pemirsa, terutama yang menggunakan Honda BeAT sebagai mitra. Baik dijadikan sebagai motor utama, motor sampingan, atau motornya di samping (parkirin doang). Pengalaman yang pengen saya bagikan terkait dengan bahan bakar. Yaps, pakai Pertalite dan Pertamax ternyata ngaruh banget ke Honda BeAT. Seberapa jauh pengaruhnya? Monggo kita diskusikan bersama.

Mengapa memilih menggunakan Pertalite? Jawabannya pasti sama, lebih murah. Selanjutnya alasan perbandingan kompresi. Secara spesifikasi, Honda BeAT eSP punya perbandingan kompresi di angka 9,5 : 1. Artinya mesin 110cc eSP Honda ini masih aman nenggak Pertalite.

Dari situlah rasa mengganjal itu hadir. Saat diisi dengan Pertalite, performa Honda BeAT mmz terasa lebih lelet. Saat gas dibuka seperti ada jeda. Feeling bukaan gas tidak responsif dan hadir momen sepersekian detik mesin seakan mau mati. Hal ini terjadi terutama saat motor dipakai di pagi hari.

Selain masalah tersebut, muncul juga suara yang sangat tidak mengenakkan telinga. Saat memakaikan Pertalite pada Stefanie, suara ngorok muncul dan terdengar lumayan keras. Asli, suara tersebut mengganggu banget.

Anehnya, suara ngorok dan jeda pada tarikan gas di atas langsung hilang saat memakai Pertamax. Nah ini…

Apakah ini sugesti saja, atau memang kondisinya begitu adanya. Secara feeling memang terasa sangat berbeda. Dan saya yakin pemirsa juga merasakannya. FYI, beralih dari Pertamax, saat ini saya sedang senang-senangnya memakai Mobil. Apakah pemirsa punya pengalaman serupa? (mmz)

Honda BeAT mmz saat ganti ban Maxxis

Artikel terkait:

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini