Begini Cara Merawat Ban Tubeless Biar Tetap Awet

Diposting pada 121 views


wp-image-1148854130
SABRI, New Honda CB150R juga sudah memakai ban tubeless depan belakang

Motomazine.com – Salam safety riding bro sis… Merawat sepeda motor adalah sebuah keharusan untuk menjaga performa tunggangan tetap prima. Hampir semua part pembangun motor memerlukan perawatan untuk menjaga kinerja terbaiknya. Tak terlepas dengan ban. Nah, berikut mmz sajikan beberapa tips untuk menjaga ban khususnya tipe tubeless agar tetap awet.

Kenapa ban tubeless? Yup, dewasa ini hampir semua sepeda motor baru menggunakan ban bertipe tubeless. Ban yang diadopsi dari teknologi balap ini meninggalkan penggunaan karet ban dalam. Karena tak lagi menggunakan ban dalam maka perlakuan yang diberikan juga harus dibedakan loh masbro..

Baca juga:

Ban tubeless sendiri dibuat dari bahan yang berbeda dengan ban tube type. Iya, sama-sama dari serat karet, namun bahan pembangun ban tubeless didesain lebih tebal. untuk hal ini bisa sampean cek dari penampakan fisik dan bobot ban itu sendiri.

Dilansir dari Dapurpacu, ban tubeless memerlukan perawatan terutama menjaga tekanan angin tetap pada kondisi optimal. Dari narasumber yang dikutip oleh DP, beliau menyarankan ban depan diisi angin dengan tekanan 30 Psi sedangkan ban belakang 35 Psi.

Tips selanjutnya dalam merawat ban tubeless adalah jangan gunakan lem saat menambal ban apabila terjadi kebocoran. Cairan lem (ban) yang digunakan dikhawatirkan bakal mengalir dan mengenai hampir seluruh ban yang ternyata tidak bagus untuk keawetan ban itu sendiri.

Tips ketiga dalam menjaga ban tubeless agar tetap awet adalah dengan memperhatikan jumlah beban yang anda bawa. Jangan membawa beban terlalu berat. Apalagi dalam kondisi ban kekurangan tekanan angin. Sebab hal ini bisa membuat permukaan ban yang bersentuhan dengan aspal jadi makin banyak sehingga ban akan lebih cepat dan panas.

So, itulah bro sis tips mudah merawat ban tubeless. Gampang kok. Tinggal bagaimana saja kita untuk telaten dan tak teledor memeriksa kondisi motor. Dalam hal ini ban motor utamanya ban tubeless. Oh ya, SABRI juga pakai ban tubeless loh. Jadi tips ini juga senantiasa mmz terapkan pada SABRI, si New CB150R tunggangan mmz… Semoga berguna… (mmz)

===============
Lebih dekat dengan Motomazine di:

  • e-mail: motomazineblog@gmail.com
  • facebook: motomazine.com
  • twitter: motomazine
  • IG: @motomazineblog
  • Youtube channel: Motomazine
  • WA: 085233819298
  • BB: D8DCFC9A
Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

Mari berbagi komentar di sini