Trik Gampang Akali Lampu AHO Vario 125

Diposting pada 166 views
vario 125 velg power motomazine

MOTOMAZINE.COM – Selamat pagi kangbro, pagi-pagi semoga selamat. Yap di artikel kali ini mmz mau ngasih trik gampang akali lampu AHO Vario 125. Automatic Headlamp On atau disingkat AHO memang sudah diwajibkan. Ini tentu saja merujuk pada pengendara sepeda motor dimana lampu utma harus tetap menyala walau di siang hari. Alasannya karena faktor keselamatan yang mana dengan lamu utama yang menyala si sepeda motor akan lebih mudah terlihat bahkan oleh kendaraan-kendaraan berdimensi besar.

Sementara cukup sekelumit itu saja dulu tentang AHO. Sekarang kita balik lagi, kenapa musti akalin lampu AHO Vario 125. Buat sebagian orang mungkin mereka cuek saja dengan AHO ini. Maksutnya nyala biarlah nyala, bohlam putus ya ganti saja.

Akan tetapi nih Cak, buat sebagian orang, hadirnya AHO alias lampu yang gak mau tidur ini menjadikan sebuah PR tersendiri. Apalagi motor-motor keluaran terbaru sudah menghilangkan tombol on-off lampu. Mayan, ngirit biaya produksi… eh

Nganu, maksutnya bukan itu… Okelah, buat motor-motor baru ber-headlamp LED, kondisi lampu yang tak bisa dimatikan ini tak kan jadi masalah. Kenapa? Karena LED diklaim mampu bertahan bahkan hingga bertahun-tahun. Nah yang jadi masalah sekarang adalah, motor-motor era 2013 dan sebelumnya, yang sudah AHO, tapi masih pakai bohlam. Ya Vario 125 generasi 1 dan 2 ini contohnya.

Dan gara-gara lampu yang tak bisa dimatikan ini jugalah salah satu temen mmz sampai pusing sama bohlam. Doi emang tipe orang yang suka wara-wiri. Baik pekerjaan hingga kegiatan kesehariannya hampir semua dihabiskan di atas motor. Dan gara-gara itu, bohlam Vario 125 nya ganas banget. Sering banget putus sampai dia merasa jengkel. Kalau gak putus yang kiri, yang kanan, atau malah bareng putus dua-duanya sekalian. gak nyambung lagi….wkwkwk…

Nah, sebab kejadian inilah akhirnya dia pengen akali lampu AHO Vario 125 dengan mengganti saklar lampu low beam dan high beam pakai saklar model terbaru. Dan entah kenapa, begitu ngelihat, saya ikut tertarik untuk memasangkannya di Vario 125 tunggangan nyobes.

Yawes tanpa pikir panjang meluncurlah saya ke sebuah bengkel deket rumah. Langsung pesen saklar tersebut, dan alhamdulillah ada…. Aseeek….

Jadilah saya suruh pasangkan sekalian.. :mrgreen: Mumpung bengkel lagi gak rame kan? Mayan lah ngasih tambahan pemasukan ke tetangga…wkwkwk…sombong… sawat pecel lele pisan!

saklar lampu vario 125 motomazine

Oke lupakan. Aslinya masang saklar low/hi-beam ini enak banget masbro. Sampeyan tinggal congkel tuh saklar yang tempatnya di atas tombol klakson pakai obeng minus. Setelah terlepas dari dudukannya, kita tinggal copot saja socketnya dan hubungkan dengan tombol lampu yang baru. Udah, sesederhana itu saja.

Yang membedakan dari tombol lampu yang baru ini adalah dia punya 3 mode. Sport plus, sport sama comfort..ngahngahngah… baby RR kali ye… Gak maksutnya itu saklar bisa dioperasikan untuk tiga kebutuhan. Yakni tanda titik (.) untuk lampu mati, tanda sorot ke bawah untuk low-beam dan sorot ke atas untuk hi-beam. Udah gitu thok.

Dan dengan modal saklar sakuprit ini kita sudah bisa akali lampu AHO Vario 125 biar gak nyala terus-terusan. Dan solusi ini jualah yang akhirnya menyelamatkan teman saya tadi dari ganti bohlam terus-terusan.

Sekarang untuk harga nih.. pasti pada penasaran lah ya… Untuk harga, saklar lampu Vario 125 ini mmz tebus dengan banderol Rp 15.000,- saja. Sekalian ongkos pasangnya Rp 5 ribu jadi total Rp 20.000,-. Murah? Bangettt… tapi gak tau juga di tempat sampeyan.. Harganya bisa saja berubah tergantung syarat dan ketentuan yang berlaku.

saklar tiga mode vario 125
penampakan saklar hi/low/off lampu Vario 125

So, itulah solusi mudah atasi dan akali lampu AHO Vario 125. Simple, gampang dan murah. Satu yang harus diperhatikan kalau sampeyan ikut masang saklar model begini adalah. JANGAN SAMPAI LUPA menghidupkan lampu saat hendak berkendara ke jala-jalan protokol atau kota. Kalau buat hemat-hematan di jalanan desa, atau gang-gang terus dimatiin saya rasa it’s OK lah ya… Tapi kalau sampai dibawa riding ke kota, terus saklar lampunya lupa gak dihidupkan, dan di sana ada Polisi yang sedang razia.. Hmmmm… “Bapak tahu keslahannya?”, Semoga berguna… (mmz)

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

2 thoughts on “Trik Gampang Akali Lampu AHO Vario 125

Mari berbagi komentar di sini