Alberto Puig Yakin dengan Kehadiran Lorenzo Marquez akan Jauh lebih Kompetitif. Tidakkah Kisah dengan Rossi Terulang lagi?

oleh

Motomazine.com – Masbro, meski musim, balap MotoGP 2018 masih menyisakan beberapa seri lagi, namun nama Jorge Lorenzo yang akan berlabuh ke tim Repsol Honda Racing masih menjadi sorotan utama pengamat balap. Banyak yang berpendapat mengumpulkan dua pembalap kompetitif bukanlah hal yang mudah. Namun begitu Alberto Puig punya jawaban sendiri. Mantan pembalap yang sukses mencetak banyak pembalap handal MotoGP ini yakin kalau kedatangan Lorenzo ke Honda malah bakal membuat Marquez jauh lebih kompetitif lagi.

“Honda telah menghabiskan beberapa waktu, beberapa bulan untuk menganalisa dan memutuskan siapa yang akan menjadi pembalap kedua. Selama proses ini banyak hal yang terjadi dan saya sendiri saat itu telah mencoba berbagai kemungkinan tanpa menawarkan kontrak pada siapapun. Saat kami memutuskan bahwa Dani Pedrosa tidak akan lanjut saya menemukan sesuatu hal hebat yang mengejutkan, yakni: Jorge Lorenzo juara dunia 5 kali, tiga kali juara MotoGP dalam status bebas kontrak dan tidak ada yang menginginkannya,” tutur Puig.

Yap, memang kelihatannya mudah jika kita membayangkan Lorenzo dan Marquez akan akur. Secara mereka berdua sama-sama berasal dari Spanyol, membawa nama sponsor Spanyol, dan bekerja dengan beberapa orang Spanyol. Namun begitu, kita harus ingat. Kedua pembalap ini, baik Lorenzo dan Marquez sama-sama punya ambisi besar untuk menang. Tak menutup kemungkinan jika pada akhirnya keduanya akan bersaing sengit demi menjadi yang terdepan.

baca juga:

Sampeyan semua tentu masih sangat ingat. Saat Lorenzo dan Rossi sama-sama ada dalam satu garasi. Yap, keduanya seringkali bersitegang demi menjadi pembalap terdepan. Rossi yang lebih senior saat itu bahkan sampai membuat tembok pembatas di dalam paddock untuk membatasi tim Lorenzo mengakses data-data YZR-M1 miliknya. Dan puncaknya, di akhir tahun 2010 Rossi memutuskan hengkang dari Yamaha dan memilih bergabung bareng Ducati.

Untuk hal ini sepertinya Puig juga punya pandangan lain. Menurutnya Marquez kini sudah lebih dewasa dan tak akan sengotot saat dia baru masuk ke kelas MotoGP dahulu.

“Marc Marquez belajar mengukur, mengepaskan, dan ia tahu bahwa kita tidak selalu bisa menang. Kadang-kadang berada di posisi kedua dan ketiga tetap merupakan kemenangan. Saya yakin tahundepan Marc akan mengalami perkembangan yang signifikan dalam gaya berkendaranya. Lihat saja sekarang, apa yang saya katakan sepertinya tidak mungkin, namun Marc melakukannya. Karena jika Lorenzo nanti bisa pas dengan RC213V maka ia kan bisa cepat dan Marc akan mencari jalan untuk meningkatkan levelnya dalam mencari kemenangan dan membuat dirinya menjadi pembalap yang makin komplit. Kehadiran Lorenzo akan membuat Marquez lebih baik,” yakin Puig.

Untuk membuat Lorenzo cepat klop dengan tunggangan barunya, Alberto Puig mengatakan jika ia dan tim HRC akan berusaha sekuat tenaga memenuhi permintaan termasuk layanan teknis yang diminta Lorenzo. Puig yakin Lorenzo dan Marquez ingin sama-sama menang. Maka dari itu pihak Honda akan memberikan support penuh terhadap keduanya.

Wajar memang kangbro jika Honda akan memberikan yang maksimal bagi keduanya. termasuk basic motor yang mungkin akan sedikit berbeda. Pasalnya dua pembalap ini punya gaya berkendara yang sama sekali berbeda. Marquez adalah pembalap dengan gaya berkendara yang agresif, rebah bangun, rebah bangun. Beda dengan Lorenzo yang cenderung membalap dengan gaya yang lebih rapi dan sangat mementingkan speed corner. So, tak heran jika nantinya Honda merancang RC213V dengan wheelbase yang lebih pendek buat Marc Marquez. Sebab othak athik sasis memang dibebaskan.

So, berkaca pada apa yang pernah dikatakan Lorenzo jika ia akan memberikan yang terbaik yang ia bisa, rasanya wajar jika Honda juga bakalan allout memberikan dukungan teknis bagi Porfuera. Sebab Honda tentu saja tak ingin seperti Ducati, yang sedikit terlambat merespon keinginan Lorenzo. Sehingga akhirnya pembalap bernomor 99 yang sedang dalam puncak kepercayaan diri ini melipir dan labuhkan pilihan ke Repsol Honda.

Siap-siap ki kangbro, tahun depan bakal seru tenan ki kayake. Rossi, Vinales, Dovi dan Rins kudu siap-siap menghadapi gempuran dua singa HRC. Terlebih pasca race Valencia November nanti, Ducati akan langsung memberi ijin kepada Jorge Lorenzo untuk langsung njajal Honda RC213V. Hmmmm… Iso tambah cekot-cekot ki para kompetitor… Semoga berguna… (mmz)


Lebih dekat dengan motomazine di:

  • e-mail: motomazineblog@gmail.com
  • FB fanspage: motomazine.com
  • IG: @motomazineblog
  • Twitter: motomazine
  • Youtube Channel: motomazine

Silahkan Berkomentar di bawah sini