Apakah Motor WSBK 2019 Boleh Pakai Winglet?

Diposting pada 18 views
Ducati Panigale V4 R 2019

Motomazine.com – Masbro, Pasca merilis artikel Ducati Panigale V4 R yang siap terjuan berlaga di ajang Word SBK 2019, tak disangka ternyata ada sebuah pertanyaan masuk ke redaksi motomazine.com yang menanyakan tentang sah tidaknya pemakaian winglets. Terutama di ajang WSBK. Yap, seperti kita tahu masbro, World SBK adalah ajang balap roda dua motor produksi massal tertinggi di dunia. Menjadi salah satu cabang balap yang juga diurusi Dorna, wajar jika akhirnya banyak aturan atau teknologi yang diambil dari balap motor prototype, MotoGP.

Nah, berkenaan dengan winglet, sejak tahun 2016 silam balap kelas MotoGP sudah mulai diramaikan dengan hadirnya winglets. Sayap tambahan yang biasanya terletak di bagian depan motor tersebut berfungsi untuk mengurangi efek wheelie dan menambah downforce bagian front end kala melibas tikungan dalam kecepatan tinggi. Meski menimbulkan berbagai polemik, toh akhirnya Dorna mengesahkan penggunaan winglets ini dengan berbagai aturan tentunya.

Lantas di kelas WSBK, gimana dong? Menukil dari laman MCN, di sana MMZ menemukan sebuah artikel berguna mengenai penggunaan winglets di kelas WSBK. Disebutkan, mulai musim 2019 tim-tim yang berlaga di kancah WSBK boleh menurunkan motor dengan piranti winglets. Syaratnya adalah winglets tersebut harus sama dengan yang sudah nemplok di motor produksi massal. Baik bentuk, ukuran, posisi dan bahannya. So jangan kaget kalau ke depan motor-motor superbike produksi massal juga akan memakai winglets.

baca juga:

Dan benar saja kan masbro, bertempat di ajang EICMA kemarin, Ducati selaku pabrikan Italia yang juga turut berlaga di kancah WSBK langsung curi start dengan menghadirkan New Panigale V4R. Secara desain motor ini tak melompat jauh dari Panigale sebelumnya, cuman ya itu… New Panigale V4R sudah dilengkapi winglets. Sambut WSBK musim 2019? Bisa jadi….

Selain Ducati lewat Panigale V4R nya, Aprilia adalah satu lagi pabrikan yang juga merilis motor superbike dengan winglet, Aprilia RSV4. Hanya saja ada dua versi Aprilia yang hadir di EICMA Milan kemarin. RSV4 1100 Factory dengan winglets dan Aprilia RSV4 RR (WSBK) yang justru tampil tanpa winglets. Entahlah, yang pasti fairing kedua motor tersebut bisa saling bersubstitusi…

Aprilia RSV4 MY 2019

So… Mulai musim 2019 mendatang, sudah jelas… World SBK memperbolehkan motor-motor pacuannya memakai winglets dengan syarat dan ketentuan yang berlaku… Apakah Honda, Yamaha, BMW dan MV Agusta mengikuti? Semoga berguna… (mmz)


Lebih dekat dengan motomazine di:

  • e-mail : motomazineblog@gmail.com
  • FB : motomazine
  • IG : @motomazineblog
  • Twitter : motomazine.com
  • Youtube Channelmotomazine

 

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

Silahkan Berkomentar di bawah sini