5 Tips Berkendara saat Hujan ala Instruktur Safety Riding MPM, Nomor 3 sering Salah Kaprah!

Diposting pada 109 views

MOTOMAZINE.COM – Hujan telah tiba, hujan telah tiba, hore! Hatiku deg-degan… Wkwkwk… Berikut mmz kasih 5 tips buat sampeyan, gimana sih berkendara aman dan nyaman saat hujan ala insruktur safety riding MPM. Tenang, ini bukan klik bait meskipun nomor 3 sering banget bikin salah kaprah.

Jadi gini Kangbro, berkendara di saat hujan butuh fokus dan kejelian lebih. Tak hanya faktor motor, kenyamanan kala melaju di bawah guyuran hujan juga sangat terpengaruhi oleh faktor pengendara sendiri.

Kalau sampeyan nyemplak mobil, walau mau nerjang hujan  yang kayak apa derasnya sekalipun masih banyak faktor keamanannya. Tapi saat berkendara motor, banyak tips agar anda tetap aman dan nyaman. Berikut tipsnya.

1. Cek kondisi kendaraan/motor

Sangat penting memeriksa kondisi sepeda motor anda. Pastikan ban dalam kondisi bagus/tidak gundul. Pastikan juga rem bekerja optimal. Selain itu lampu-lampu, baik lampu utama, stoplamp sampai sein harus bisa nyala. Klakson dan kelistrikan juga musti normal. Makanya jangan naik motor telanj*ng saat hujan.

2. Perlengkapan berkendara

Yang dimaksud kelengkapan berkendara, yang paling utama saat hujan adalah jas hujan. Pilih jas hujan yang aman. Jangan pakai jas hujan model kelelawar, biar Batman saja yang pakai.

Kenakanlah jas hujan model jaket dan celana. Usahakan cari yang warnanya cerah Kang. Bisa merah, ungu, atau pink. Jadi inget rider kemarin…ups!

3. Tetap kenakan reading gear

Nah ini yang terkadang bikin salah kaprah. Kalau helm ok lah, semua pengendara motor saat hujan pasti lebih suka pakai helm. Selain melindungi dari hawa dingin yang menerpa telinga, visor helm juga melindungi mata dari serangan rintik hujan.

Tapi bagaimana dengan reading gear lainnya? Banyak yang justru melepas sarung tangan atau sepatu dengan alasan takut basah. Dan ini yang bahaya!

Sampeyan bayangkan, berkendara sepeda motor, di bawah guyuran hujan, dengan kondisi jalanan licin, tanpa alas kaki dan tanpa sarung tangan.

Kalau perjalanan lancar sih oke. Tapi bisa lain ceritanya kalau…Amit-amit sampeyan bayangkan sendiri. Jadi, jangan pernah nyopot sepatu atau sarung tangan saat hujan deras sekalipun. Mending basah-basahan tapi nikmat, eh aman.

4. Buatlah Road Plan

Sangat penting membuat rencana perjalanan saat berkendara di musim hujan. Usahakan melewati jalan-jalan yang aman dari banjir dan macet. Ini sangat penting demi kelancaran perjalanan anda.

5. Perhatikan kondisi badan

Yang tak kalah penting untuk menjadi perhatian saat riding di bawah guyuran hujan adalah kondisi badan. Kalau sampeyan ngantuk atau merasa kedinginan yang luar biasa, please…! Jangan nekat. Cari kehangatan dulu.

Maksutnya menepi, ngopi atau nge-mie supaya suhu dan kondisi fisik kembali optimal. Terutama sampeyan yang sedang melakukan perjalanan jauh, sangat penting menjaga suhu dan kondisi badan tetap optimal.

So, itulah 5 tips berkendara di saat hujan ala instruktur safety riding MPM. Cak Hari Setiawan yang ngasih tips sih jelas. Sayanya saja yang nulisnya begitu agar lebih mudah diterima. :mrgreen: Semoga berguna… (mmz)

Silahkan Komentarnya Kangbro