Boleh Gak sih Dengerin Musik lewat Earphone saat Berkendara Motor? Nih Jawaban Ahli Safety

Diposting pada

MOTOMAZINE.COM – Mengendari motor sambil mendengarkan musik lewat earphone memang menjadi kebiasaan beberapa pemotor. Paling banyak tentu saja kaum milenial yang sekedar ingin melepas penat, atau malah mengenang kejadian manis sepanjang jalan tersebut bareng sang mantan. Halah 😆 Yang jadi pertanyaan tentu saja adalah, apakah boleh mendengarkan musik lewat earphone saat berkendara sepeda motor? Apakah bakal kena tilang? Kena tegur, atau kenapa bertanya? Wkwkwk

Melansir dari Gridoto, mmz udah nemuin jawaban sahihnya nih Sam. Adalah om Jusri Pulubuhu selaku Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) berpendapat, bahwa mendengarkan musik sambil mengendarai motor boleh-boleh saja, asal… tidak mengganggu konsentrasi.

Mengganggu konsentrasi yang disebut tentu saja merujuk pada volume musik yang terlalu besar atau mungkin sampeyan terhanyut dalam iringan lagu yang didengar. Yo gak lucu Sam sampeyan mengendarai motor sambil merem-merem saat ndengerin lagu timang-timangnya mas Anang Hermansyah.

Lebih lanjut, larangan memakai earphone adalah ketika sampeyan melakukan komunikasi dua arah atau bertelepon ria. Nah ini yang tak diperbolehkan. Karena saat sampeyan nelpon maka otak dan mulut harus berusaha sinkron agar apa yang terpikir senada dengan apa yang terucap. Kebayang gak sih saat doi yang nelpon, namanya Stefanie, tapi sampeyan manggilnya Dea…wkwk

Larangan penggunaan alat komunikasi dua arah saat berkendara juga sudah tertuang dalam Undang-undang nomor 22 tahun 2009 pasal 106 tentang mengemudikan kendaraan bermotor dengan penuh konsentrasi dan kewajaran. Nah, saat sampeyan memakai gear yang justru merusak dua hal vital tersebut, itulah yang tidak diperbolehkan. Menelepon, mengantuk, melamun, apalagi mabuk. Hadeh… iya kalau nabrak tiang listrik, kalau nyeret pengendara lain yang tak bersalah dan berhati-hati?

Back to topic, mendengarkan lagu favorit lewat earphone sebenarnya juga bisa dilakukan lewat intercom. Dengan alat ini maka tak ada lagi kabel yang berseliweran karena perangkat smartphone bisa terhubung lewat bluetooth. Tapi ya itu, ada batas wajarnya. Selama tidak mengganggu konsentrasi berkendara.

So, meski tidak direkomendasikan, mendengarkan musik lewat earphone saat mengendarai sepeda motor ternyata masih boleh. Namun alangkah lebih baiknya jikalau kita mendengarkan musiknya dalam kamar saja.. atau, dalam mobil mungkin. Semoga berguna (mmz).

Artikel terkait:

Tinggalkan Komentar di sini