Dall’igna Bilang Ducati Satu-satunya Pabrikan yang Support MotoGP dan WSBK Sekaligus. Nantangin Honda Nih?

Diposting pada 29 views
Luigi Dall’igna (tengah) saat bersama Dovisiozo dan Innone di tes motoGP Sepang 2016

Motomazine.com – Salam safety riding, Masbro, bos Ducati Luigi Gigi Dall’igna ungkapkan perilisan Ducati Panigale V4 R tak hanya sebagai usaha pabrikan Borgo untuk lebih menguatkan image Ducati sebagai motor balap namun juga sebagai bentuk sokongan penuh. Sokongan penuh atas olahraga balap motor tertinggi dunia baik MotoGP maupun World SBK secara bersamaan. Yaps, Ducati resmi support MotoGP dan WSBK secara bersamaan. Dan inilah yang dimaksud Gigi sebagai satu-satunya pabrikan yang berani support dua olahraga balap sepeda motor terakbar di dunia.

Entahlah, pernyataan Gigi ini seperti memancing di air keruh.. wkwkwk… Seperti kita tahu, Honda lewat HRC juga akan nyemplung di WSBK. Lha kok ini Gigi sudah melontarkan pernyataan yang seperti itu… Nantangin nih bang…??

Bukan nantangin sih, tapi emang saat ini kan Ducati maih jadi satu-satunya pabrikan yang support MotoGP dan WSBK sekaligus. Jadi bolehla sedikit berbangga, sebelu akhirnya nanti HRC juga ikut nyemplung di ajang yang saat ini masih dikuasai Jonathan Rea lewat Kawasakinya ZX-10RR- nya.

Ducati mengistirahatkan mesin V-twin dan menggantinya dengan Panigale V4 R. Motor terbaru generasi Panigale ini sudah jalani debutnya di Jerez dengan tim Aruba.it. Pembalapnya Chaz Davies dan Alvaro Bautista, jebolan pembalap MotoGP.

Chaz Davies saat jajal Panigale V4 R di tes Jerez

Kenapa memilih Bautista? tentu Ducati punya alasan kuat untuk ini. Sebab Panigale V4 R dikembangkan berdasarkan filosofi Desmosedici GP. Desmosedici GP18 tepatnya. Bahkan Panigale V4 R juga dibekali dengan winglet. Ini juga menjadi satu-satunya pabrikan yang pasang winglet di arena WSBK.

“Sejujurnya saya rasa Ducati menjadi satu-satunya pabrikan yang nyemplung di dua kejuaraan sekaligus. MotoGP tentu sasa, dan WSBK juga. Tak ada orang lain yang melakukannya,” tutur Dall’igna di sela-sela tes Jerez.

Ducati Panigale V4 R bawa Filosofi Desmosedici

Dall’igna juga menjelaskan pengembangan Panigale V4 R yang dibawa lebih dekat ke Desmosedici juga punya tujuan tertentu. Dengan mesin yang hampir serupa tentu saja investigasi serta pengembangan yang dilakukan mekanik akan lebih mudah.

“Motor ini benar-benar baru. Dan kami telah melakukan berbagai usaha untuk mengikuti evolusi (Panigale) sejak awal. Ini memakan biaya lebih daripada motor yang sudah jadi. Inilah alasannya kenapa kami memilih langkah tersebut. Banyak sekali orang-orang yang bekerja di dua kejuaraan sekaligus. Saya rasa kami mendapat tekanan dengan semua proyek yang kami lakukan. Tapi ini bukan apa-apa karena Ducati harus menang. Kami tak punya kebebasan untuk mengganti motor karena produksi baru akan berjalan pada Januari. Kami hanya bisa melakukan ubahan-ubahan kecil, bukan sesuatu yang besar.” tutur pria Italia yang berhasil membawa Desmosedici jadi motor juara.

Alvaro Bautista saat jalani tes Jerez dengan Ducati Panigale V4 R

Nah, bisa dibayangkan bagaimana Ducati akan bertransformasi menjadi motor petarung jika pengembangan yang dilakukan tim sudah maksimal. Termasuk lolos spesifikasi yang telah ditetapkan pihak penyelenggara balap. Sebab dengan tangan dingin Gigi Dall’igna, semua bisa saja terjadi. Mengatasi Desmosedici yang gak mau belok saja bisa. Apalagi membuat Panigale V4 R yang memang cukup kompetitif.

Dan terbukti di tes Jerez hari pertama Alvaro Bautista langsung nyodok ke posisi dua di belakang Rea. Dan inilah yang ingin digapai Ducati. Menciptakan motor yang kompetitif di ajang WSBK. Sebab pabrikan Italia ini sudah cukup lama puasa gelar. Setidaknya sejak tahun 2011 lalu, ketika Ducati 1098R dibesut Carlos Checa. Semoga berguna… (mmz)


Silahkan berbagi dengan motomazine di:

  • e-mail: motomazineblog@gmail.com
  • facebook: motomazine.com
  • twitter: motomazine
  • IG: @motomazineblog
  • Youtube channel: Motomazine

 

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

Mari berbagi komentar di sini