Nyekoki Oli Sesat HDEO ke Vario 125. Gimana Rasanya?

Diposting pada 40 views

Motomazine.com – Masbro, langsung saja sharing pengalaman pribadi mengenai si Variem yang akhirnya MMz cekoki dengan oli Diesel. Usut punya usut, setelah berkonsultasi dengan berbagai elemen masyarakat, teman-teman blogger dan juga beberapa member grup yang MMz ketahui, akhirnya ya sudah… Mantaplah saya menyambangi toko oli untuk menebus seliter oli yang sebenarnya diperuntukkan bagi Isuzu Panther dan kawan-kawannya sesama diesel.

Bukannya mudah untuk mengambil keputusan ‘sesat’ seperti ini. Pasalnya, semua akibat yang bisa saja terjadi negara pemakaian oli seperti ini tentu saja tak akan digubris oleh pabrikan. Artinya, all of risks are yours.. Atau kalau diterjemahkan ke bahasa Mataraman kurang lebih “yen onok apa-apane ruasakno dhewe..” 😆
Ya sudah tak usah terlalu terlalu panjang lebar. Oli Diesel yang MMz pakai kali ini adalah Pertamina Meditran SX dengan SAE 15W-40 Service API CI-4.

Dan impresi awal yang MMz rasakan pasca Variem diminumi oli Diesel ini adalah suara jauh lebih halus. Bahkan lebih halus dibanding saat MMz memakai oli reguler untuk sepeda motor yang juga lumayan branded.

baca juga:

Mengenai performa tidak berbeda jauh sih, cuma karena terasa lebih halus, akselerasi terasa sedikit lebih lembut.
Oh ya, pemakaian oli mesin Diesel untuk sepeda motor ini perlu sedikit perhatian khusus. Pasca pemakaian pertama anda harus melakukan flush (ganti oli+filter oli), setiap pemakaian dengan jarak tempuh 500 km. Hal ini dilakukan untuk membuang kotoran dari kerak-kerak di dalam mesin yang nantinya bakal rontok. Mengenai berapa kali anda harus melakukan flush, itu tergantung dengan banyaknya kotoran yang mungkin menempel di part-part mesin sepeda motor anda. Lantas tanda flush sudah selesai apa dong? Ya mudah saja masbro… Jika saat melakukan flush, dan oli yang anda ganti sudah bening, itu artinya proses flush sudah selesai.

tuang 800 ml saja

So, kita tunggu saja bakal kayak gimana nih Vario 125 ke depannya pasca nenggak oli HDEO ini? Akankah tetap lancar jaya, aman tanpa kendala? Atau malah jadi endut-endutan, berkerak, kotor dan mesin menjadi kasar..? Okelah ditunggu saja… yang yakin saja yang mau nyoba… Semoga berguna… (mmz)

 

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

2 thoughts on “Nyekoki Oli Sesat HDEO ke Vario 125. Gimana Rasanya?

Silahkan Berkomentar di bawah sini