Bulan Depan CBR1000RR 2020 Tampil di Tokyo Motor Show? Jadi Kepo sama Update-nya

Diposting pada 185 views

cbr1000rr fireblade front

MOTOMAZINE.COM – Masbro, Honda sepertinya mulai gerah melihat sepak terjang rival-rivalnya di dunia balap WSBK. Yap, bermodal Honda Fireblade SP yang kini diturunkan, pabrikan sayap mengepak belum bisa berbicara banyak di ajang balap motor produksi massal tersebut. Apalagi pasca datangnya Panigale V4 yang akhirnya juga diberangus lagi sama ZX-10R. Sontak Honda ingin juga ikut meramaikan persaingan di barisan depan. Dan kabar terbarunya nih, mereka telah menyiapkan CBR1000RR versi 2020 yang mengusung berbagai pembaruan baik secara desain, aerodinamika, maupun jerohan mesinnya sendiri.

Jika melihat sekilas gambar yang dirender oleh YM berikut, kita akan bisa membayangkan seperti apa gambaran CBR1000RR Fireblade 2020 nantinya. Kalau mmz sendiri sih masih sedikit kurang yakin dengan render tersebut. Okelah YM punya kedekatan dengan orang-orang dalam negeri Sakura sana. Tapi kalau benar begitu, wow… Bakal ajib tenan masbro si Fireblade terbaru nanti.

Yang pasti sih berdasarkan info yang saya kutip dari beberapa blog luar negeri, bukan sagon-sagon, CBR1000RR terbaru nanti diperkirakan bakal mengusung mesin berkonfigurasi V. Sebagai penanda monggo silahkan pantengin knalpotnya.

Knalpot Fireblade yang saat ini hanya nempel di samping sasis sebelah kanan, panjang dan gede, bakal dilengserkan dengan dua knalpot dengan konfigurasi satu di buntut, satu lagi tetap di samping kanan. Secara sekilas sih mirip-mirip lah sama knalpotnya RC213V. Dan kemungkinannya memang begitu. CBR1000RR MY 2020 nanti juga bakal adopsi beberapa piranti elektronik yang nempel di RC213V versi jalan lah paling tidak.

Untuk desain fairing kayaknya gak banyak ubahan. Desain fairing samping masih mirip versi sekarang. Yang beda paling area headlamp sama hadirnya winglet. Kabarnya winglet ini bisa aktif dan non aktif tergantung kebutuhan. Kalau motor melaju dalam kecepatan sekian kilometer per jam maka winglet tersebut akan secara otomatis membuka. Dan untuk menutupnya ada semacam tombol di area stang.

Desain buritan juga berubah total. Karena mengusung knalpot yang nempel di buntut maka otomatis desain jok pengendara juga ganti. Jadi lebih slim dengan hadirnya kisi-kisi udara¬† di bawah jok rider. Hmmm… jadi kebayang kalau nunggangnya hanya pake celana kain doang…wkwkwk…

Selanjutnya jika tidak meleset dari perkiraan, si CBR1000RR 2020 ini akan hadir di ajang Tokyo Motor Show bulan Oktober mendatang. Mengenai bentuk sementara yawes kita bayangkan renderan si YM itu saja dulu. Kalau sasis dipastikan masih pakai twin spar aluminium frame. Yang pasti dari info lanjutannya tenaga Fireblade terbaru nanti bakal ada di bawah Panigale V4 dan berada di atas ZX-10R juga YZF-R1. Kalau gak salah ada di 202 HP. Semoga berguna… (mmz)

Silahkan Komentarnya Kangbro