Hati-hati saat Bonceng Anak Kecil pakai Motor Sport. Kejadian ini sebagai Contohnya

Diposting pada

Motomazine.com – Selamat pagi kangbro dimanapun sampean berada. Gimana? Masih tetap semangat puasanya? Udah hampir lebaran aja nih. Ya meskipun gak boleh mudik setidaknya kita bisa tetap bahagia. Pagi ini mmz mau berbagi pengalaman salah satu warganet yang memboncengkan anak kecilnya. Yaps, hati-hati saat bonceng anak kecil pakai motor sport. Karena kejadian berikut bisa sampean jadikan pembelajaran agar kita sebagai biker lebih waspada.

Adalah om Agung Rahman yang membagikan pengalamannya di grup facebook Honda CBR150R. beliau adalah seorang bapak yang memboncengkan anak gadisnya di belakang. Memboncengkan anak kecil memang seharusnya di belakanng. Dengan syarat si anak sudah paham dan kuat untuk berpegangan ke orang tuanya.

Baca juga:

Begini Bahaya Membonceng Anak Balita di Depan saat Berkendara Sepeda Motor. Jika Terpaksa Lakukan Hal-hal Berikut

Tak ada yang aneh sebenarnya hingga kejadian itu membuat om Rahman berhenti, kaget namun tak henti mengucap syukur.  Gadis kecilnya yang diboncengkan dengan CBR150R ternyata alami musibah yang tak diduga-duga.

Kaki sang anak masuk ke kolong antara ban dengan hugger. Duh ngeri asli. Untungnya si anak memakai sepatu jadi tidak terjadi hal yang tak diinginkan. Si anak selamat tanpa luka sedikitpun.

Namun melihat dari sepatu yang sobek-sobek, tentu akan berbeda ceritanya kalau si anak cuman memakai sandal.

Dari kejadian tersebut kita bisa mengambil beberapa pembelajaran antara lain:

  • Jangan pernah lengah saat memboncengkan anak di belakang. Selalu ajak ngobrol, tanya secara berkala agar tidak mengantuk
  • Perhatikan sisi keamanan (safety riding). Salah satunya seperti yang om Agung lakukan. Memakaikan sepatu
  • Kalau si anak belum benar-benar mengerti, jangan paksakan untuk dibonceng sendirian di belakang. Karena memboncengkan anak di depan sebenarnya juga kurang tepat

Baca juga:

10 Tips Aman Berkendara bersama Anak ala YRA

Jadi mulai sekarang, sebagai orang tua, mari kita lebih aware lagi dengan kondisi dan keamanan anak kita. Terutama saat memboncengkan dengan sepeda motor. Thanks buat om Agung yang sudah berbagai pengalamannya. (mmz)

Artikel terkait:

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.