MotoGP Le Mans: Bastianini Juara hingga buat Pecco Terjatuh!

Diposting pada

Motomazine.com – Jalannya MotoGP Le Mans sedikit keluar dari harapan banyak orang. Ya, meski Bastianini kembali keluar sebagai juara, namun pembalap Ducati pabrikan, Pecco Bagnaia yang digadang-gadang menjadi penantang serius Fabio di kejuaraan justru tersungkur dari Ducati tunggangannya. Lagi-lagi, Ducati GP21 tunggangan Bestia buktikan mampu tampil cepat dan konsisten. Kemenangan ini sekaligus menjadi kemenangan ketiga Bestia setelah Qatar dan Amerika.

Balap MotoGP Le Mans berlangsung dalam kondisi kering. Seperti yang sudah tersiar sebelumnya, berdasarkan prakiraan cuaca, balapan di Perancis ini akan berlangsung dalam kondisi kering alias dry. Selepas lampu start padam Jack Miller langsung melesat terdepan diikuti Bastianini dan Pecco Bagnaia. Sedikit crowded di tikungan satu sehingga Aleix Espargaro terlempar ke posisi enam dan Fabio ke posisi tujuh.

Lap dua Bagnaia dan Alex menyalip Enea untuk posisi dua dan tiga. Sementara Aleix Espargaro tetap di posisi enam diikuti Marc di belakangnya. Di lap ini juga Alex Rins keluar dari grid kemudian terjatuh dari Suzukinya. Posisi terdepan tinggal menyisakan pertarungan Miller dan Bagnaia.

Lap keempat Bagnaia sudah makin dekat dengan Miller sementara Bastianini tertinggal satu detik di posisi tiga. Fabio Quartararo  masih berjuang berbeut posisi lima dengan Marquez sementara Bagnaia berhasil menyalip Miller untuk posisi pertama. Pembalap Tech KTM Remy Gardner crash.

Lap kelima Bagnaia berhasil catatkan fastest lap dan terus membuat jarak dengan Miller. Terlihat pembalap Italia itu sangat nyaman dengan Ducati nya. Pembalap tuan rumah Fabio Quartararo masih berkutat di posisi enam. Cuman race pace nya jauh lebih kencang. Di sini juga Fabio coba berebut posisi lima dengan Aleix Espargaro.

Lap ke tujuh Bagnaia masih melesat terdepan diikuti Miller dan Bastianini yang terus mendekat ke Miller. Joan Mir yang ada di posisi empat pun semakin mendekatkan jarak dengan Enea.

Hingga 18 lap tersisa tiga Ducati masih terdepan diikuti Suzuki, Aprilia, Yamaha dan Honda. Jack Miller yang memakai ban kombinasi soft-soft sepertinya mulai kesulitan membendung serangan Bastianini yang memakai ban medium soft.

16 lap jelang finish Bastianini berhasil menyalip Jack Miller dan kini coba mengejar Bagnaia. Aleix Espargaro semakin mendekat ke Joan Mir di posisi empat. Sementara Marquez masih berkutat di posisi tujuh berebut posisi dengan Johann Zarco.

13 lap jelang finish pembalap Suzuki Joan Mir tersungkur dari GSX-RR nya karena kehilangan cengkeraman ban depan. Sementara itu Bastianini semakin dekatkan posisinya dengan Bagnaia di posisi satu. Sepertinya akan terjadi pertarungan antara GP21 dan GP22 hybrid.

Masuk lap 16 Zarco berhasil mengambil alih posisi Marquez karena pembalap Repsol Honda tersebut sedikti melebar. Di sini Jorge Martin juga tersungkur dari Ducatinya. Sementara Bastianiani sudah mulai menekan Bagnaia.

7 lap jelang finsih BEstia mencoba serangan perdana pada Pecco dan kemudian dibalas. Sayang Pecco melebar dan kehilangan beberapa detik di belakang Bestia. Dan syangnya di lap 21 pembalap VR46 Academy tersebut harus tersungkur dari Ducati nya, tepat di tikungan terakhir. Bencana untuk Ducati pabrikan.

Enea Bastianini melenggang sendirian di depan diikuti Miller yang berjarak dua detik lebih. Sementara 1,5 detikan di belakang Miller ada Aleix Espargaro yang berebut posisi tiga dengan Fabio Quartararo.

Dua lap tersisa dan posisi masih sama. Bastianini terdepan disusul Miller dan Aleix Espargaro. Fabio Quartararo yang sedari tadi coba menyusul Aleix sepertinya mulai kehabisan ban sehingga sedikit kendurkan gas guna menjaga poin tetap aman. Dan hingga bendera finish berkibar posisi tidak berubah. (mmz)

Artikel terkait:

Gambar Gravatar
Penulis adalah penghobi dunia otomotif yang mencoba berbagi info kepada pemirsa semua tentang berita terbaru seputar sepeda motor, mobil, balap dan MotoGP. Terima kasih sudah berkunjung ke blog sederhana ini dan semoga bermanfaat.

Silahkan sampaikan uneg-uneg pemirsa di sini