Yamaha XMAX si Perusak Rasa.

Diposting pada 1.142 views

MOTOMAZINE.COM – Yamaha XMAX si perusak rasa. Apa sih maksutnya? Yap, sebuah ungkapan yang mmz gambarkan sebagai hasil pengalaman nyemplak Yamaha XMAX selama sebulanan penuh. Bukan… bukan beli, cuman kebetulan ngreview saja… Sebab si empunya lagi kebingungan tempat buat naruh si  matic gembrot 250 cc ini…

Awal ceritanya sudah saya tuliskan di artikel sebelumnya, 80 kilometer jadi boncenger XMAX. Nah, habis itu, si XMAX langsung saya bawa. Mulai pulang dari Karanganyar, sampai dipakai harian di rumah. Dan hasilnya, fix, motor ini merusak feel terhadap motor lain om…

Kok bisa? Setidaknya itulah yang saya rasakan. Yamaha XMAX adalah skutik ternyaman yang pernah saya semplak. Setidaknya sebelum nunggang matic-matic gambot lain. Kalau sudah ngarasain TMAX mungkin nanti beda lagi opininya. Hehehe…..

Dan selama sebulanan nunggang XMAX, feeling langsung terdistorsi. Entah kenapa, wuenak banget om… Feel nyemplak Yamaha XMAX itu halus banget. Tenaga ngisi terus dari bawah sampai ke atas..Kayak gak ada jedanya gitu.. Setidaknya ketika sampeyan coba ngail tenaga di rpm 7000an, asli di situ feeling nunggang moge langsung terpancar.

Wait, jangan bandingkan dengan motor sport om… Beda lah… Kalau hentakan power mah ya tetep lebih jenggirat yang dua silinder… Tapi untuk kelas matic, XMAX bakal ngasih pengalaman berkendara yang lebih buat sampeyan.

Hingga akhirnya, saya bisa membuat tulisan seperti ini.. XMAX merusak feel. Sebab sepertinya sulit nyari celah kekurangan si XMAX. Buat sebagian orang paling akan menderita di segi bobot. Tapi bahkan dengan bobot seberat itu, handling yang dihadirkan XMAX jempolan luar biasa.

Terlebih rem ABS dua channelnya… Beugh… Dengan disk brake depan belakang ber-ABS, XMAX yang gambot bisa begitu mudah dihentikan. Kemampuan cornering juga.. Kebetulan si  empunya sudah mengganti ban bawaan dengan Pirelli Diablo Rosso Scooter series. Jadi gigitan ban ke aspal membuat lebih pede untuk merebahkan motor yang segambot dan seberat itu.

So, atas pengalamman itulah saya bisa mengatakan XMAX si perusak rasa. Yap, saat nyemplak XMAX kita kudu mengeluarkan effort lebih buat nanganin nih skutik. Kalau sudah jalan sih oke, enak memang. Tapi saat musti putar balik, berhenti mendadak, atau berhenti di tempat yang tidak rata, di situ fisik kita ditempa. Kita harus mengeluarkan tenaga ekstra agar XMAX tetap berdiri. Lha wong saya sendiri pernah kok hampir kejengkang pas puter balik.

Jadi kalua habis nunggang XMAX, terus beralih nunggang motor lain berkubikasi di bawahnya, hadeh…. Gak onok rasae om… Hambar…wkwkwk… Bahkan ketika ganti nyemplak NMAX yang katanya moge wannabe, wes blas ra onok rasaneee… si Sabri? (CB150)… Sama om, jadi berasa nunggang motor mainan…wkwkwk… asem tenan… Semoga berguna… (mmz)

Silahkan Komentarnya Kangbro